Sudah 165 Nama Berminat Ikut Pilkada Lewat PPP

Sudah 165 Nama Berminat Ikut Pilkada Lewat PPP
Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah yang akan diusung pada pilkada serentak tahun depan.

Menurut Wakil Sekretaris Jenderal DPP PPP, Achmad Baidowi, sejauh ini partainya sudah mengantongi 165 pendaftar yang berasal dari berbagai latar belakang.

Baidowi mengatakan, PPP tingkat pusat (DPP), provinsi (DPW) dan kabupaten/kota (DPC) sejak 15 Juni lalu secara serentak membuka pendaftaran bakal calon kada. Hingga 25 Juni sudah ada 165 pendaftar melalui email, pos maupun datang langsung ke DPP, DPW dan DPC PPP.

“Untuk pendaftar calon gubernur/calon wakil gubernur sebanyak 25 orang dan pendaftar calon bupati/wali kota sebanyak 140 orang. Keseluruhannya ada 165 orang," kata Baidowi melalui rilisnya ke media, Selasa (28/6).

PPP juga menerima pendaftaran dari kepala daerah incumbent. Antara lain Rustam Effendi (Gubernur Babel), Hidayat Arsani (Wagub Babel), Irene Manibuy (Wagub Papua Barat), Illiza Sa’adudin Djamal (Wali Kota Banda Aceh), Subroto (Wakil Bupati Jepara), Jonas Salean (Wali Kota Kupang) dan Ellases Yentji (Bupati Lembata).

Selain itu ada pula sejumlah figur publik juga turut mendaftar. Misalnya, Sandiaga S Uno (DKI Jakarta), Rum Murkal (Babel), Irwandi Yunus (NAD), Abdullah Puteh (NAD), Ahmad Yani (DKI) dan sejumlah nama lainnya.

Baidowi menambahkan, saat ini proses pendaftaran bakal calon kada di PPP sudah memasuki tahap pengiriman berkas ke DPW dan DPC. Selanjutnya, nama-nama pendaftat akan dibahas dalam rapat pimpinan PPP sesuai dengan tingkatannya.

"DPW menggelar rapat pimpinan wilayah untuk menetapkan minimal dua pasangan calon gubernur, sedangkan DPC menggelar rapimcab untuk menetapkan minimal dua pasangan calon bupati/wali kota. Selanjutnya dikirim ke DPP untuk mendapatkan pengesahan,” tuturnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News