Sudah 30 Orang Tewas Kena HIV

Sudah 30 Orang Tewas Kena HIV
Sudah 30 Orang Tewas Kena HIV
MEDAN-- Hingga Oktober 2010 dari 969 jumlah kunjungan di Klinik Voluntary Counseling and Testing RSUD dr Pirngadi Medan, 102 diantaranya dinyatakan HIV positif. Penemuan kasus tersebut hampir seluruhnya adalah penderita dengan faktor usia produktif yaitu kisaran 25 hingga 49 tahun.

Menurut data VCT RSUD dr Pirngadi, sepanjang 2010, penderita HIV/AIDS yang telah meninggal dunia mencapai 30 orang dan jauh lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 6 orang.

Ketua tim HIV/AIDS RSUD dr Pirngadi Medan, dr Iwan Fahri Rangkuti SpKk menyebutkan, tingginya angka kematian tersebut tak lain disebabkan keterlambatan pasien untuk memeriksakan diri.

"Selama ini banyak orang yang berisiko, enggan ataupun takut untuk memeriksakan dirinya di klinik VCT yang tersedia. Sehingga dirinya diketahui HIV/AIDS stadium akhir, dan sudah terlambat sehingga petugas sulit untuk menangani," ujarnya.

MEDAN-- Hingga Oktober 2010 dari 969 jumlah kunjungan di Klinik Voluntary Counseling and Testing RSUD dr Pirngadi Medan, 102 diantaranya dinyatakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News