Sudah 4 Kali Groundbreaking di IKN, Efek Bola Salju Mulai Menggelinding

Sudah 4 Kali Groundbreaking di IKN, Efek Bola Salju Mulai Menggelinding
Presiden Jokowi meninjau pembangunan Hotel Nusantara di Ibu Kota Nusantara, Rabu (20/12). Foto: ANTARA/Nyaman Bagus Purwaniawan/Mohammad Solih Januar

jpnn.com - JAKARTA – Keterlibatan investor swasta domestik menjadi penting dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengatakan, keterlibatan investor domestik penting karena mereka lebih tahu kondisi lapangan.

"Investor domestik penting karena mereka yang lebih banyak tahu bagaimana kondisi di lapangan dan bagaimana mengatasi risiko-risiko yang ada, dibandingkan investor asing," ujar Kepala OIKN Bambang Susantono di Jakarta, Selasa (30/1).

Bambang mengatakan investor asing cenderung menjalin kolaborasi dengan investor domestik untuk mengetahui lebih banyak bagaimana memitigasi resiko.

"Kita (OIKN, red) melihat sudah terdapat empat kali groundbreaking di IKN, artinya investor domestik meyakini bahwa IKN ini merupakan suatu rencana baik dan dari sisi profit menguntungkan" kata Bambang.

OIKN sendiri terus melanjutkan groundbreaking - groundbreaking berikutnya dalam satu atau dua bulan ke depan.

"Saya ingin menyampaikan bahwa efek bola saljunya sudah mulai menggelinding," ujar Bambang.

Pembangunan IKN sebagian besar mengandalkan investasi swasta.

Sudah 4 kali groundbreaking di Ibu Kota Nusantara atau IKN, sebagai pertanda efek bola salju mulai menggelinding.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News