Sudah 576 Gempa Susulan di NTB, Warga Diminta Tetap Tenang

Sudah 576 Gempa Susulan di NTB, Warga Diminta Tetap Tenang
Rumah salah satu warga Banjar Klandis, Desa Pakisan, rata dengan tanah akibat gempa Lombok, Minggu (5/8) malam. Foto: Eka Prasetya/Radar Bali

jpnn.com, LOMBOK - Pascagempa dengan kekuatan 7,0 skala richter yang melanda Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (5/8) lalu, gempa susulan terus terjadi.

Bahkan, hingga Minggu (12/8) atau H+7 sudah ada 576 gempa susulan yang terjadi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menerangkan, dengan adanya gempa susulan itu, warga diminta tetap tenang. Pasalnya, gempa susulan memiliki kekuatan yang jauh lebih kecil.

“Gempa ini diperkirakan masih akan terjadi hingga empat pekan ke depan. Warga diminta tetap tenang dan waspada,” kata Sutopo dalam keterangannya, Minggu (12/8).

Sutopo menambahkan, masyarakat NTB jangan mudah terpancing dengan isu-isu hoaks yang tak terkonfirmasi. Salah satunya tentang gempa susulan.

Apalagi dengan informasi yang mencantumkan kekuatan gempa, kapan, dan di mana lokasinya.

Pasalnya, hal tersebut tak bisa diprediksi dengan ilmu mana pun yang ada di dunia.

“Untuk itu, jika masyarakat menerima informasi hal itu dalam bentuk apa pun akan terjadi gempa dengan menyebutkan waktu, magnitudo, lokasi. Itu tidak benar. Abaikan dan jangan ikut-ikutan menyebarkan,” tandas Sutopo. (cuy/jpnn)


Gempa susulan lombok diperkirakan masih akan terjadi hingga empat pekan ke depan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News