Sudah 64 Kloter Jemaah Haji Indonesia Tiba di Madinah

Sudah 64 Kloter Jemaah Haji Indonesia Tiba di Madinah
Ilustrasi calon jemaah haji. Foto: Radar Tarakan/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Hingga hari keenam kedatangan jemaah haji asal Indonesia gelombang satu di tanah suci, tercatat sudah 64 kloter tiba di Madinah Al Munawarah.

Sesui data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) pada 11 Juli 2019 (06.32 WAS) sebanyak 26.007 jemaah haji telah mendarat di Madinah.

Sedangkan yang meninggal dunia, masih tercatat sebanyak 3 orang, yakni Khairil Abbas Salim (BTH 2), Mudjahid Damanhuri Mangun (SOC 4), dan Sumiyatun Suwikromo Sutardjan (SOC 2).

Jemaah gelombang satu akan berada di Madinah selama 8 hingga 9 hari untuk melaksanakan Arbain atau salat 40 waktu tanpa terputus di Masjid Nabawi.

Cuaca Madinah yang berkisar antara 35 - 45 derajat celcius merupakan salah satu tantangan bagi jemaah haji Indonesia.

Direktur Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Amsyar Akil berbagi tips berhaji sehat untuk jemaah haji Indonesia agar dapat menunaikan ibadah dengan lancar dan selalu dalam kondisi yang sehat.

BACA JUGA: Baiq Nuril: Nadanya Pak Joko Sudah Beda, Saya Curiga

Amsyar menganjurkan, sebelum ke Masjid Nabawim, jemaah haji Indonesia menyiapkan diri dengan alat pelindung diri seperti masker, payung, spray. Dia juga membagikan tips berhaji sehat.

Sudah ada 64 kloter jemaah haji asal Indonesia gelombang satu tiba di Madinah Al Munawarah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News