Sudah Ada Kepastian Presiden Jokowi Bakal Hadiri HPN 2020 di Banjarmasin

Sudah Ada Kepastian Presiden Jokowi Bakal Hadiri HPN 2020 di Banjarmasin
Pengurus PWI Pusat dan Panitia HPN 2020 berpose bersama Mensesneg Pratikno di Jakarta, Senin (27/1). Foto:

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal S Depari menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) pada 9 Februari mendatang.

Atal memperoleh kepastian soal itu setelah bersama Panitia HPN 2020 beraudiensi dengan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Jakarta, Senin (27/1). "Selain menghadiri acara puncak Hari Pers Nasional, Presiden Jokowi dijadwalkan akan mencanangkan dimulainya Sapta Desa dan peresmian Pusat Pembibitan dan Penghijauan Nasional," ujarnya usai pertemuan di Gedung Kemsetneg.

Dalam pertemuan itu Atal didampingi sejumlah pengurus PWI antara lain Mirza Zulhadi (sekretaris jenderal), Nurjaman (ketua bidang pendidikan), M Ihsan (bendahara umum), serta Ketua Panitia HPN Auri Jaya dan dan anggota Dewan Pers Agus Sudibyo. Adapun Pratikno didampingi Deputi Bidang Hubungan Kelembagaan dan Kemasyarakatan Kemsetneg Prof Dadan Wildan.

Atal dalam kesempatan itu juga memaparkan kesiapan pelaksanaan HPN 2020. Menurutnya, ada beragam agenda dalam HPN 2020, antara lain seminar, konvesi media massa, pameran pers, bakti sosial dan kegiatan lainnya.

Lebih lanjut wartawan senior yang dipercaya menjadi penanggung jawab HPN 2020 itu menjelaskan soal program Satpa Desa sebagai upaya pemerintah menekan angka stunting (gangguan pertumbuhan anak akibat kekurangan gizi). Sapta Desa, katanya, merupakan program sarapan tambahan bagi anak-anak desa.

Saat ini angka stunting di Kalsel masih 27 persen. Sementara Presiden Jokowi menargetkan angka stunting di Indonesia bisa dipangkas menjadi 17 persen atau di bawah target Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada angka 20 persen.

Atal menambahkan, Panitia HPN 2020 akan menggelar seminar tentang stunting di RSUD Ulin Banjarmasin pada 7 Februari mendatang. Seminar yang menghadirkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto sebagai pembicara utama itu akan dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

"Menkes dr. Terawan juga akan meresmikan RSUD Ulin sebagai Pusat Rujukan Penyakit Jantung dan Saraf untuk wilayah Kalimantan," ujar Atal.(aj/jpnn)

Presiden Jokowi akan menghadiri puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) pada 9 Februari mendatang.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News