Sudah Coba Terapi Cuci Hidung? Ayo Buruan, Manfaatnya Banyak

Sudah Coba Terapi Cuci Hidung? Ayo Buruan, Manfaatnya Banyak
Ilustrasi terapi cuci hidung atau nasal wash therapy. (Freepik)

jpnn.com, JAKARTA - Terapi cuci hidung atau nasal wash therapy menjadi salah satu langkah penting untuk memperkuat kesehatan tubuh di tengah pandemi COVID-19.

Demikian dikemukakan dokter spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT) yang tergabung dalam Perhimpunan Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher Indonesia (PERHATI-KL) Hemastia Manuhara.

Terapi cuci hidung berguna untuk mencegah terpapar Sars-Cov-2 dan memiliki banyak manfaat untuk individu yang menjadikan kegiatan itu sebagai rutinitas.

“Di masa COVID-19 seperti yang kita tahu virus penyebabnya itu suka bersarang di nasofaring atau dekat dengan saraf penciuman manusia," kata dokter Hemastia dalam konferensi pers virtual, belum lama ini.

"Jika hidung dibersihkan secara rutin dengan terapi cuci hidung, potensi infeksi yang disebabkan oleh virus bisa semakin kecil.”

Terapi cuci hidung juga berguna bagi pasien COVID-19 yang memiliki gejala dengan masalah penciuman atau pernafasan terkait hidung.

Masalah yang dimaksud seperti hilang kemampuan hidung untuk mencium bau-bauan atau dikenal sebagai anosmia dan juga masalah lainnya adalah hiposmia, kondisi saat indra penciuman berangsur-angsur berkurang.

“Bagi penderita COVID-19 pentingnya mencuci hidung agar bagian belakang hidung atau rongga hidung dikenal juga sebagai nasofaring ini dapat bersih dan tidak ada penumpukan lendir yang mengering,” ujar dokter yang menempuh pendidikannya di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu.

Sudah pernah mendengar atau melakukan terapi cuci hidung? Ayo buruan, manfaatnya banyak banget ternyata.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News