Sudah Meninggal Banyak Terdaftar Jadi Pemilih

Sudah Meninggal Banyak Terdaftar Jadi Pemilih
Sudah Meninggal Banyak Terdaftar Jadi Pemilih
JAKARTA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta menemukan beberapa kendala dalam proses pemutakhiran data pemilih tetap. Salah satunya, banyak warga Jakarta yang meninggal masih masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT).

"Masih banyak data orang meninggal yang masih terdaftar menjadi DPT. Meninggalnya bukan baru, ada yang dari tahun 80-an juga," kata Ketua Pokja Pendataan Pemilih KPU DKI Jakarta, Aminullah, dalam diskusi bertajuk Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih dan Antisipasi Golput di Hotel Grand Menteng, Matraman, Jakarta, Senin (16/4).

Aminullah menegaskan, semestinya nama warga yang meninggal sudah tidak terdaftar. Pasalnya, setiap pemilu KPU Jakarta sudah melaporkan nama-nama warga yang meninggal kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Ducapil) DKI Jakarta. Ia pun mengkritisi kinerja Ducapil Jakarta yang dinilai lalai.

"Padahal setiap kali pemilu, kita laporkan ke Ducapil tapi ternyata Ducapil tidak menghapus. Saya tidak mengetahui UU apa yang menghambat dia untuk tidak menghapus laporan dari KPU," papar Aminullah.

JAKARTA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta menemukan beberapa kendala dalam proses pemutakhiran data pemilih tetap. Salah satunya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News