Sudah Pakai Sunblock Kulit Tetap Gosong? Ini 3 Penyebabnya

Sudah Pakai Sunblock Kulit Tetap Gosong? Ini 3 Penyebabnya
Ilustrasi kulit belang. Foto:huffingtonpost

jpnn.com - Hampir di setiap artikel kesehatan kulit, terdapat anjuran untuk memakai tabir surya alias sunblock sebelum keluar ruangan. Tujuannya untuk melindungi tubuh dari 'jahatnya' sinar UV penyebab kulit gosong, penuaan dini, serta kanker kulit! 

Sayangnya, ada keluhan soal si pelindung kulit ini. Salah satunya, kulit tetap gosong meski sudah pakai sunblock. Kok bisa, ya?

Yakin sudah pakai sunblock?

Sepenuhnya menyalahkan tabir surya kepunyaan Anda rasanya tak adil. Sebab, siapa tahu faktor kesalahannya ada pada diri sendiri. Coba diingat-ingat lagi, benarkah yang dipakai itu sunblock?

Jangan-jangan, saat beraktivitas di teriknya matahari, Anda hanya mengoleskan sunscreen!

Perlu diketahui, sunblock dan sunscreen itu berbeda. Menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter, sunblock bekerja dengan membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit.

Lapisan ini menghalangi sinar ultraviolet dari matahari agar tidak mencapai kulit. 

Bahan-bahan yang biasanya terkandung dalam tabir surya adalah titanium dioxide, zinc oxide, dan iron oxide. Bahan-bahan tersebut membantu membentuk perlindungan fisik dari sinar matahari. Formula sunblock juga lebih tebal. 

“Adapun sunscreen tidak menghalangi sinar matahari. Bahan-bahannya hanya membentuk layar yang dapat ‘menyerap’ sinar ultraviolet sebelum mencapai kulit. Sunscreen juga umumnya tidak memiliki formula setebal sunblock,” jelas dr. Sara.

Sayangnya, ada keluhan mengenai sunblock. Salah satunya, kulit tetap gosong meski sudah pakai sunblock. Kok bisa, ya?

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News