Sudah Tidak Sabar Berlibur ke TN Ujung Kulon?

Sudah Tidak Sabar Berlibur ke TN Ujung Kulon?
Sejumlah warga sedang menikmati pemandangan pantai di salah satu objek wisata di Kabupaten Pandeglang, Banten. Foto: ANTARA/Mulyana

jpnn.com, PANDEGLANG - Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) di Kabupaten Pandeglang, Banten siap dibuka kembali untuk para wisatawan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

"InsyaAllah sebentar lagi dibuka wisata di Taman Nasional Ujung Kulon. Standar operasional prosedur (SOP)-nya sudah kami siapkan, tinggal tunggu surat edaran dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) saja," kata Humas Balai Taman Nasional Ujung Kulon (BTNUK) Andri Firmansyah di Pandeglang, Selasa (23/6).

Andri mengatakan, saat ini pihaknya sudah menyiapkan SOP yang akan diterapkan kepada para pelaku wisata dan pengunjung TNUK untuk meminimalisasi penyebaran COVID-19.

"Untuk para pelaku wisata dan wisatawan yang ingin berkunjung ke TNUK untuk sedikit bersabar," katanya.

Ia mengatakan, untuk menjaga keselamatan dan kesehatan semua pihak agar pelaku wisata dan para pengunjung dapat mengikuti dan mematuhi aturan-aturan yang dikeluarkan oleh pihak TNUK.

"Nantinya pada saat sektor wisata konservasi sudah dibuka, diimbau wisatawan dan pelaku wisata untuk mengikuti aturan tersebut," katanya.

Ia menjelaskan, penerapan SOP yang akan diberlakukan itu berdasarkan instruksi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 nasional untuk menyiapkan protokol kesehatan dan manajemen krisis hingga ke tingkat operasional di tiap kawasan.

"Kita mengacu kepada Keputusan Menkes No. HK. 01.07/MENKES/382 tahun 2020 mengenai protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka pencegahan dan pengendalian COVID-19," katanya.

Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) di Kabupaten Pandeglang siap dibuka kembali untuk para wisatawan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News