Suhardi Alius Beber 3 Kunci Penanggulangan Terorisme

Suhardi Alius Beber 3 Kunci Penanggulangan Terorisme
Suhardi Alius. Foto: Ist for JPNN

jpnn.com, BENGKULU - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius mengatakan, kunci keberhasilan penangggulangan terorisme di Indonesia terdiri atas tiga elemen.

Yakni, Pancasila, sinergi seluruh elemen bangsa, dan penguatan nilai-nilai kearifan lokal.

Menurut Suhardi, penanggulangan terorisme akan lebih efektif dan efisian jika ketiga elemen itu berjalan baik.

“Kami butuh keterlibatan semua pihak. Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) di setiap daerah inilah yang menjadi penyambung sinergitas dengan daerah-daerah untuk bersama-sama memberantas paham radikal dan terorisme di seluruh pelosok negeri,” kata Suhardi, Rabu (11/4).

Selain itu, sambung Suhardi, penguatan nilai-nilai lokal juga harus digalakkan dalam menghadapi ancaman ideologi transnasional.

Menurut mantan kabareskrim Polri itu, kearifan lokal memiliki kekuatan pada tokoh agama dan tokoh adat.

Karena itu, pemerintah sangat mengapresiasi semua elemen bangsa yang turut serta dalam keterlibatanya untuk menanggulangi paham radikal dan terorisme.

"Kelompok radikal terorisme selalu membuat kekacauan. Mereka bekerja secara statis, terus-menerus dan menggunakan berbagai cara untuk merekrut anak-anak muda kita bergabung menjadi kelompoknya,” imbuh Suhardi.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius mengatakan, kunci keberhasilan penangggulangan terorisme di Indonesia terdiri tiga elemen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News