Suhardi Beber Kiat Lawan Terorisme di Singapura

Suhardi Beber Kiat Lawan Terorisme di Singapura
Suhardi Alius Beber Kiat Lawan Terorisme di Singapura. Foto: BNPT

jpnn.com, SINGAPURA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius memaparkan strategi nasional penanggulangan terorisme di forum International Exhibition of Home Land Security 7th Edition di Singapura, Rabu (5/4).

Selain itu, dia juga memaparkan langkah-langkah penanggulangan terorisme yang telah dijalankan BNPT.

Menteri Dalam Negeri dan Hukum Singapura K. Shanmugam dan Dubes Prancis untuk Singapura Marc Abensour, serta delegasi dari berbagai negara hadir dalam acara itu.

"Kami menggunakan dua langkah dalam penangguangan terorisme yaitu soft approach (pencegahan) dan hard approach  (penindakan)," ujar Suhardi.

Suhardi menjelaskan, langkah pencegahan itu antara lain dengan deradikalisasi dan kontra radikalisasi.

Sedangkan penindakan menggunakan aturan hukum yang berlaku di Indonesia dengan tetap menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM).

Dalam melakukan pencegahan BNPT bersinergi dengan lembaga dan kementerian terkait, pemerintah daerah, pimpinan daerah, psikolog, sosial, dan masyarakat.

"Harus diakui saat ini generasi muda yang terkena 'virus' ideologi radikal terus meningkat. Karena itu, salah satu kontra radikalisasi yang kami lakukan adalah dengan merekrut generasi penggiat media sosial dan internet untuk menjadi duta damai di duna maya. Mereka bertugas menyebarkan pesan-pesan damai dan positif dengan bahasa anak muda di media sosial dan internet. Itu akan lebih efektif dalam melindungi dan menyadarkan generasi muda dari propaganda radikalisme dan terorisme," ungkap Suhardi.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius memaparkan strategi nasional penanggulangan terorisme di forum International

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News