Sukamta PKS: Pemerintah Jujur Saja Kepada Publik

Sukamta PKS: Pemerintah Jujur Saja Kepada Publik
Sukamta. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Fraksi PKS DPR Sukamta meminta pemerintah jujur atas penanganan virus Corona (COVID-19) sebelum menerapkan gaya hidup baru atau new normal.

Setidaknya, pemerintah bisa menjelaskan ke publik bahwa penanganan COVID-19 sudah terkendali dan penularan bisa ditekan.

Menurut Sukamta, jika pemerintah tidak mampu menjelaskan, publik bertanya-tanya. Jangan-jangan wacana new normal untuk menutupi ketidakmampuan pemerintah menangani COVID-19.

"Semestinya pemerintah jelaskan secara jujur, benarkah situasi penanganan Covid-19 saat ini sudah semakin terkendali atau wacana new normal ini hanya sebagai kedok untuk menutupi ketidakmampuan pemerintah tangani Covid-19," kata Sukamta dalam pesan singkatnya kepada JPNN.com, Kamis (28/5).

Secara umum, Sukamta mengaku ragu atas penanganan COVID-19 oleh pemerintah. Dari situ, dia tidak yakin pemerintah sukses mengendalikan COVID-19.

Sukamta mencatat ada lima persoalan mendasar sejak awal penanganan COVID-19 oleh pemerintah.

Pertama, tidak pernah ada kejelasan desain lengkap penanganan virus. Bahkan, kebijakan pemerintah tidak jelas setelah masa tanggap darurat berjalan hampir tiga bulan.

"Kejelasan tahapan itu penting tidak hanya dalam upaya penanganan pandemi, tetapi juga menjadi rujukan bagi dunia pendidikan, dunia usaha, pariwisata dalam memulai kembali aktivitasnya," ujar dia.

Wakil Ketua Fraksi PKS DPR Sukamta meminta pemerintah jujur atas penanganan Corona sebelum menerapkan new normal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News