Sukarelawan Ganjar Bangun Kolam Pemijahan Lele untuk Kelompok Nelayan di Pangandaran

Sukarelawan Ganjar Bangun Kolam Pemijahan Lele untuk Kelompok Nelayan di Pangandaran
Sukarelawan Nelayan Balad Ganjar kembali menggelar program-program yang bermanfaat untuk membantu kelompok-kelompok nelayan kecil. Foto: Sukarelawan Ganjar

jpnn.com - Sukarelawan Nelayan Balad Ganjar kembali menggelar program-program yang bermanfaat untuk membantu kelompok-kelompok nelayan kecil.

Pada Jumat (23/6/2023), relawan ini membangun kolam pemijahan lele bagi kelompok nelayan kecil yang berada di Dusun Kedungrejo, Desa Wonoharjo, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Selain itu, mereka juga memberikan sejumlah bantuan untuk mendukung budi daya lele para nelayan, mulai dari indukan, bibit lele, hingga beberapa karung pakan lele.

Koordinator Daerah Nelayan Balad Pangandaran, Eko Komarudin menyebut alasan diberikannya bantuan ini ialah agar para nelayan tetap bisa meraih pendapatan meski tengah menghadapi musim panceklik.

"Di setiap musim bagi nelayan itu ada yang namanya musim paceklik. Pada musim paceklik itu kami enggak bisa melaut sama sekali," jelas Eko dalam keterangannya.

Eko menjelaskan bahwa bantuan kolam pemijahan dan bibit yang diberikan akan dikelola bersama oleh seluruh anggota kelompok nelayan yang ada.

"Teknisnya nanti kami kelola bersama-sama, dan hasilnya nanti juga bagi rata. Jadi, akan meningkatkan penghasilan nelayan kecil," tutur Eko.

Bantuan dari relawan Nelayan Balad Ganjar juga bersifat berkelanjutan. Bila lele yang dibudi daya telah memasuki masa panen, relawan ini akan menggandeng UMKM dalam pengelolaan dan pemasarannya.

Sukarelawan Nelayan Balad Ganjar kembali menggelar program-program yang bermanfaat untuk membantu kelompok-kelompok nelayan kecil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News