Sukarelawan Sandi Buka Peluang Usaha Lewat Hidroponik Bagi Ratusan Warga Jaktim

Sukarelawan Sandi Buka Peluang Usaha Lewat Hidroponik Bagi Ratusan Warga Jaktim
Pelatihan hidroponik yang diadakan UMKM Sahabat Sandi kepada warga di Jakarta Timur. Dok: Sukarelawan Sandiaga.

jpnn.com, JAKARTA TIMUR - Bisnis hidroponik salah satu jenis usaha tanaman yang menguntungkan, sebab tidak memerlukan modal yang banyak.

Melihat hal tersebut, sukarelawan UMKM Sahabat Sandi mengadakan pelatihan warung hidroponik sebagai bentuk dorongan peluang usaha baru bagi ratusan warga di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Ketua UMKM Sahabat Sand Vera Nofita mengajak masyarakat, terutama ibu-ibu yang memiliki warung usaha untuk menciptakan bisnis baru.

Dikarenakan tanaman hidroponik tidak hanya sebagai konsumsi, melainkan menjadi peluang yang bisa menambah pendapatan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"UMKM Sahabat Sandi mengarahkan para ibu-ibu pelaku usaha yang punya warung supaya mempunyai kegiatan hidroponik, karena bertanam sayur tanpa tanah bisa panen dan hasilnya dapat dimakan sendiri," kata dia dalam siaran persnya Rabu (5/7).

Vera menjelaskan lahan pertanian di Jakarta yang tersedia sempit, namun diharapkan masyarakat masih dapat memproduksi tanaman dengan kuantitas dan kualitas yang baik.

Sehingga, jika peserta menekuni secara serius akan menjadi usaha yang cukup menjanjikan untuk menambah perekonomi.

"Di Jakarta ini tidak ada lahan tanah, maka dibuat metode hidroponik dengan baskom. Peluang usaha dari tanaman hidroponik sangat bisa menguntungkan, apalagi tanaman kangkung dari warteg hingga restoran ada semua, ini sayuran yang sangat mudah perawatannya," ujar Vera.

Sukarelawan UMKM Sahabat Sandi mengajarkan bisnis melalui teknik hidroponik kepada ratusan warga di Jaktim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News