Sukses di Jakarta, Contract Farming Bakal Dibawa Anies ke Level Nasional

Sukses di Jakarta, Contract Farming Bakal Dibawa Anies ke Level Nasional
Capres RI Anies Baswedan saat kampanye di Jawa Tengah, Sabtu (23/12/2023). Foto: Timnas AMIN

jpnn.com - Calon presiden (Capres) Anies Baswedan menawarkan konsep contract farming yang menjamin pembelian hasil panen agar harga stabil.

Program itu ditawarkan Anies saat safari politik di Jawa Tengah dan bertemu petani padi di Desa Salakbrajo, Pekalongan, Minggu (24/12).

Saat itu Anies juga mendengarkan keluhan dan aspirasi para petani, terutama soal harga padi yang tidak stabil dan irigasi yang kerap bermasalah.

"Hari ini kita akan memulai (contract farming) di sini. Jadi petani-petani punya rasa tenang selama menanam sampai panen," kata Anies di hadapan petani.

Dia menjelaskan bahwa contract farming sendiri merupakan jaminan pembelian panen. Dengan begitu, para petani tidak perlu khawatir tentang hasil panennya nanti.

Anies juga mengeklaim konsep contract farming sukses diterapkan saat dia memimpin Jakarta pada 2017-2022.

Berbagai kelompok tani bekerja sama dengan BUMD DKI, untuk menjamin keamanan pasokan ke Jakarta.

Oleh karena itu, Anies bertekad akan membawa cerita sukses di DKI itu untuk diterapkan di tingkat nasional begitu ia terpilih jadi presiden dalam Pilpres 2024.

Capres RI Anies Baswedan bakal membawa program Contract Farming yang sukses di Jakarta ke level nasional. Begiin penjelasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News