Sukses Gelar Piala Dunia U-17, JIS Siap Songsong Banyak Event Internasional

Sukses Gelar Piala Dunia U-17, JIS Siap Songsong Banyak Event Internasional
Jakarta International Stadium atau JIS siap menggelar event-event bertaraf international. Foto: Dok Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Perhelatan Piala Dunia U-17 memasuki babak semifinal dan final. Empat laga terakhir dilaksanakan 28 November serta 1 dan 2 Desember 2023 di Stadion Manahan Solo.

Selain Manahan, tiga stadion lain yakni Gelora Bung Tomo (Surabaya), Si Jalak Harupat (Bandung) dan Jakarta International Stadium (JIS) yang menjadi venue terbukti sukses menggelar seluruh pertandingan mulai babak penyisihan grup hingga perempat final.

Khusus Jakarta, kesuksesan JIS terlihat saat stadion ini mampu menggelar 16 pertandingan Piala Dunia U-17. Ini adalah jumlah pertandingan terbanyak di seluruh rangkaian turnamen.

“Apa yang kita lakukan ini akan membentuk citra positif kepada Indonesia secara umum dalam menyelenggarakan berbagai event internasional,” kata Usman Kansong, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika kepada media.

Menurut Usman, secara khusus citra pemerintah DKI Jakarta juga akan turut meningkat. Selain Gelora Bung Karno, Jakarta memiliki JIS sebagai stadion standar FIFA yang bisa menjadi incaran dan venue turnamen internasional, khususnya sepakbola. Berbagai event internasional di JIS mampu meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar mulai dari penjualan souvenir, kuliner, hingga transportasi.

Di luar Surabaya dan Solo yang menjadi venue pembukaan dan penutupan, berbagai pertandingan tim hebat di JIS mampu menghadirkan antusiasme masyarakat yang besar. “Saya tidak memiliki data detailnya, namun sebagai gambaran ada beberapa teman yang kehabisan tiket untuk nonton. Itu pembelian tiketnya online menunjukan ada antusias menonton pertandingan Piala Dunia U-17 di JIS,” kata Usman.

Mengutip data Panitia lokal (LOC) Piala Dunia U-17 2023, hingga babak 16 besar saja, telah terjual 514.000 tiket. Artinya, jika sampai babak 16 besar ada 44 pertandingan, rata-rata keterisian stadion di setiap pertandingan adalah 11.681 orang, di atas target FIFA sebanyak 10.000 orang. Jumlah ini bisa bertambah mengingat masih ada pertandingan menuju final.

JIS sendiri selama Piala Dunia U-17 memainkan 16 pertandingan. Jika mengacu rata-rata keterisian itu, diperkirakan lebih dari 180.000 penonton telah menikmati berbagai pertandingan di stadion terbesar kelima di Asia tersebut.

Perhelatan Piala Dunia U-17 memasuki babak semifinal dan final. Empat laga terakhir dilaksanakan 28 November serta 1 dan 2 Desember 2023 di Stadion Manahan Solo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News