Sukses Mengudara di Langit Jakarta, EHang Siap Terbang di IKN Nusantara

Sukses Mengudara di Langit Jakarta, EHang Siap Terbang di IKN Nusantara
EHang 216 saat uji terbang di Kemayoran, Jakarta. Foto: Prestige Aviation

jpnn.com, JAKARTA - Prestisius Aviasi Indonesia atau Prestige Aviation menyepakati prapesan (pre-order) kendaraan udara otonom, EHang 216 sebanyak 100 unit.

Acara penandatanganan perjanjian prapesan 100 unit EHang 216 diadakan di Aspal Area International Motor Show (IIMS) 2022, di Jakarta International EXPO (JIEXPO), Kemayoran, Jakarta.

Penandatanganan perjanjian dihadiri secara langsung Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, Executive Chairman Prestige Aviation Rudy Salim, Chairman Prestige Aviation Johnson Yaptonaga, Founder dan CEO EHang Huazhi Hu, serta Komisaris Black Stone Cargo Airline Marco Isaak.

Acara penandatanganan perjanjian prapesan juga diresmikan melalui demo penerbangan EHang 216 di Aspal Area IIMS 2022 berlangsung sejak Jumat sampai Minggu.

Dalam uji coba yang berlangsung pada Sabtu (9/4), Executive Chairman Prestige Aviation Rudy Salim mengatakan EHang 216 itu dikendalikan dari ground control yang berlokasi di China.

"Hari ini karena pilot kami masih dalam tahap pelatihan atau sertifikasi, semua penerbangan tadi diterbangkan dari ground control yang di China. Jadi, hari ini bukan pilot Indonesia," kata Rudy.

Dari sisi keamanan, dia memastikan EHang memiliki standar keamanan yang sudah dibuktikan walau kendaraan dikendalikan dari jarak jauh, baik dari sisi perusahaan maupun dari sisi user interface dan take off.

"Saya rasa dari sisi keamanan sudah pasti diperhitungkan. EHang sendiri adalah perusahaan yang sudah terdaftar di NASDAQ di Amerika dan secara white paper sudah dibuktikan dari sisi user interface dan take off, sudah terbukti sangat baik. Jadi, saya rasa seharusnya sudah aman dari masalah itu (keamanan)," kata Rudy.

Rudy Salim berharap EHang dapat memenuhi kebutuhan transportasi udara Indonesia dan siap mendukung IKN Nusantara yang mengusung konsep smart city.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News