Sukseskan G20, Kominfo Gandeng Media Internasional Hingga Luncurkan E-book

Sukseskan G20, Kominfo Gandeng Media Internasional Hingga Luncurkan E-book
Menko Marves Luhut Binsar dan Menkominfo Johnny dalam pembukaan Forum Ekonomi Digital G20. Foto: Kemenkominfo

jpnn.com, BALI - Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan media internasional dan konsultan internasional untuk mengoptimalikan pelaksanaan strategi komunikasi publik mengenai Presidensi G20 Indonesia.

Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan hal itu ditargetkan untuk menyebarluaskan informasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di level global.

"Kominfo bekerja sama dengan media asing untuk penayangan ILM TV dengan Al Jazeera, South China Morning Post, Times Magazine, Bloomberg dan The Economist. Untuk distribusi rilis via Newswire,” ungkapnya.

Selain itu, Kominfo melalui Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP) kembali melakukan terobosan menyiarkan informasi ihwal G20 kepada publik, dengan meluncurkan G20pedia.

Peluncuran buku elektronik (e-book) berisi informasi dan tanya-jawab seputar G20 ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Group of Twenty atau G20, khususnya Presidensi G20 Indonesia 2022.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Usman Kansong mengemukakan keberadaan G20pedia diperlukan untuk memberikan informasi yang lebih luas kepada masyarakat tentang sejarah terbentuknya G20, termasuk mengapa forum tersebut dinamakan G20, serta kontribusi dan peran aktif Indonesia di dalamnya.

"Ini penting, karena Indonesia satu-satunya negara berkembang di Asia Tenggara yang masuk dalam G20. Dengan demikian, negara kita memiliki kesempatan strategis untuk ikut menentukan arah desain kebijakan pemulihan ekonomi global, terutama pascapandemi Covid-19," jelas Usman Kansong.

Dari G20pedia publik mengetahui manfaat Presidensi G20 Indonesia 2022 bagi Indonesia dan juga dunia.

Kominfo kembali melakukan terobosan menyiarkan informasi ihwal G20 kepada publik, dengan meluncurkan G20pedia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News