MIND ID dan 7 BUMN Gagas Pilot Proyek Perdagangan Karbon

MIND ID dan 7 BUMN Gagas Pilot Proyek Perdagangan Karbon
Dirut MIND ID, Hendi Prio Santoso melakukan penandatanganan Letter of Intent (LOI) mengenai Proyek Pilot Perdagangan Karbon Kementerian Badan Usaha Milik Negara Voluntary Carbon Market (VCM BUMN). Foto dok Mind ID

jpnn.com, BALI - Kementerian BUMN terus berupaya mengejar target Indonesia bebas emisi (Net Zero Emission- NZE) pada 2060.

Hal ini dibuktikan dengan penandatanganan Letter of Intent (LOI) mengenai Proyek Pilot Perdagangan Karbon Kementerian Badan Usaha Milik Negara Voluntary Carbon Market (VCM BUMN).

Adapun penandatangann tersebut melibatkan delapan BUMN, yakni PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), Perum Perhutani, MIND ID, PLN, PTPN III, Pertamina, Pupuk Indonesia, dan SIG.

Semuanya sepakat untuk berpartisipasi secara aktif dalam proyek pilot perdagangan karbon VCM BUMN berdasarkan pencapaian target tahunan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

“MIND ID menyambut baik inisasi yang digagas oleh Kementerian BUMN dan untuk melibatkan MIND ID dalam pilot proyek ini. Hal ini sejalan dengan komitmen Grup MIND ID dalam mewujudkan Net Zero Emission pada 2060. Grup MIND ID terus berkomitmen untuk melakukan reduksi emisi karbon,” ujar Dirut MIND ID Hendi Prio Santoso.

MIND ID sebagai BUMN Holding Industri Pertambangan bersama anggotanya terus berkomitmen untuk mewujudkan program dekarbonisasi.

Tercatat sepanjang 2021-2022 telah mengimplementasikan program–program carbon reduction dan carbon offset, yang dapat mengurangi emisi GRK sejumlah lebih dari 400 ribu ton C02e atau sebesar 28% dari target pengurangan emisi pada 2030.

Pencapaian ini tidak lepas dari peran kinerja anggota dari Grup MIND ID.

Hal ini sejalan dengan komitmen Grup MIND ID dalam mewujudkan Net Zero Emission pada 2060.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News