Sukseskan Program Rumah Murah, Hal ini Harus Dilakukan Pemerintah dan Pelaku Usaha 

Sukseskan Program Rumah Murah, Hal ini Harus Dilakukan Pemerintah dan Pelaku Usaha 
Ilustrasi perumahan. Foto: JPNN
jpnn.com - Pembangunan rumah murah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) harus berkelanjutan dan berkesinambungan.    Untuk itu pemerintah dan pelaku usaha harus bisa membentuk.ekosistem perumahan yang mampu memberdayakan MBR.

"Pendekatan ekosistem perumahan memerlukan pendekatan yang holistik dan sangat komplek. Perlu perhatian khusus dari pelaku usaha dan dukungan dari pemerintah," ujar pengamat perumahan Sulis Usdoko di Jakarta, Selasa (9/5).

Sulis mengatakan, mendorong percepatan rumah murah bagi MBR adalah spirit yang baik dan seharusnya ditanamkan bagi semua stakeholder.   Namun permasalahannya kata Sulis, apakah para stakeholder memahami siapa itu MBR? Apakah MBR diperlakukan sebagai objek atau subjek dalam pemenuhan rumah.    "Inilah masalahnya konsep memandang MBR apa yang dibutuhkan dan apa yang dipikirkan mereka," tutur dia.

Menurut Sulis, secara integratif kolaborasi antara pemerintah, perbankan sebagai lembaga mediasi dan pengembang selaku penyedia perumahan haruslah selalu berorientasi pada kebutuhan MBR.

Bila MBR menjadi sentral perhatian terhadap pemenuhan perumahan murah tentunya harus dipikirkan proses yang berkelanjutan atas kondisi MBR sebelum maupun sesudah mendapatkan rumah murah. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News