Sulawesi Selatan Punya Strategi Khusus untuk Dorong Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas

Sulawesi Selatan Punya Strategi Khusus untuk Dorong Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas
Pekerja disabilitas membuat APD Face shield. Foto: Instagram

jpnn.com, MAKASSAR - Plt. Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengungkapkan data Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan per Agustus 2021, terdapat 7.690 Penyandang Disablitas di Sulawesi Selatan, terdiri dari 4.177 laki-laki dan 3.513 perempuan.

Bersama Kemenaker, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan pihaknya memiliki pemetaaan untuk memperhatikan proyeksi (Penyandang Disabilitas) ke depan, untuk ambil bagian dalam sistem pembangunan nasional.

“Pemprov menunggu arahan dari Kemenaker untuk perbaikan ke depan dan mengimplementasikan pemenuhan hak-hak Penyandang Disabilitas, termasuk layanan kesehatan, pekerjaan yang diselenggarakan oleh Pemerintah, baik pusat, daerah maupun swasta tanpa ada diskriminasi di dalamnya,”  kata Andi Sudirman Sulaiman seperti dikutip dalam keterangan di Jakarta, Kamis (12/8).

Direktur Bina Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri (PTKDN) Kemenaker Nora Kartika Setyaningrum mengingatkan perhatian pada persoalan disabilitas merupakan isu lintas sektor.

Oleh karena itu, penanganannya memerlukan kerja sama kolaboratif antar pemangku kepentingan, baik di pemerintah, swasta, dan masyarakat umum, termasuk para penyandang disabilitas sendiri.

"Terkait hal tersebut, untuk mendukung percepatan penyelenggaraan ULD Bidang Ketenagakerjaan, diperlukan diseminasi informasi tentang kebijakan beserta teknis penyelenggaraannya kepada Pemerintah Daerah, dengan melibatkan Kementerian/Lembaga, dan pemangku kepentingan terkait, " katanya.

Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi mengimbau seluruh pelaku usaha untuk semakin terbuka dan memberikan akses kesempatan kerja bagi para penyandang disabilitas.

Mengingat, penyandang disabilitas berhak berpartisipasi dan berperan serta dalam pembangunan untuk mencapai kemandirian dan meningkatkan kesejahteraan ekonominya.

Plt. Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengungkapkan data Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan per Agustus 2021, terdapat 7.690 Penyandang Disablitas di Sulawesi Selatan, terdiri dari 4.177 laki-laki dan 3.513 perempuan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News