Sultan Jogja Besok Mencoblos Juga

Sultan Jogja Besok Mencoblos Juga
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Bawono Kasepuluh. Foto: Jawa Pos Radar Jogja

jpnn.com - jpnn.com - Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Hamengku Bawono (HB) Kasepuluh beserta istri GKR Hemas akan menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan wali kota Jogja besok (15/2). Rencananya, Sultan akan mencoblos di tempat pemungutan suata (TPS) 09 Panembahan, Kecamatan Kraton, Jogja.

Sultan HB Kasepuluh sudah menerima surat pemberitahuan pemungutan suara model C6 yang diserahkan oleh ketua kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) TPS 9 Panembahan Herdy Kisworo di Keraton Kilen, Kompleks Keraton Jogja, Selasa (13/2).
Sultan HB menerima delapan formulir C6. Yakni untuk Sultan HB dan GKR Hemas beserta tiga putrinya yakni GKR Condrokirono, GKR Maduretno dan GKR Hayu, serta menantunya KPH Purbodiningrat.

Selain itu juga ada dua undangan untuk kakak Sultan HB, yaitu Sri Kuswadjanti dan keponakannya, RM Sakanti Kuswardono. Untuk putri dan kerabat lainnya mencoblos di TPS lain.

”Ada yang di TPS lain, ada yang di Jakarta, wong sudah rumah tangga sendiri,” ujarnya.

Selain delapan undangan itu, sebenarnya juga terdapat dua lagi undangan yang akan diserahkan, yaitu untuk menantunya KPH Notonegoro dan cucunya, Marcel. Tapi, keduanya sedang berada di luar negeri dan tidak bisa pulang saat hari pencoblosan.

Menurut Komisioner KPU Kota Jogja Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Sri Surani, sesuai peraturan jika yang bersangkutan tidak ada maka formulir C6 harus dikembalikan. ”Harus begitu, kalau memang tidak ada dikembalikan ke kami,” ujarnya.

Selain itu Rani meminta Sultan HB yang juga Gubernur DIY mengeluarkan imbauan ke pemilik pusat perbelanjaan maupun tempat wisata memberikan kesempatan bagi karyawanya untuk mencoblos. Misalnya, mengeluarkan imbauan agar pusat perbelanjaan dna pertokoan membuak tempat usaha setelah pukul 12.00.

”Pemilik usaha juga harus paham, sekarang kondisinya pilwali. Maka diimbau supaya memberikan kesempatan pekerjanya, yang memiliki hak pilih, untuk mencoblos,” ujarnya.

 Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Hamengku Bawono (HB) Kasepuluh beserta istri GKR Hemas akan menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News