Sultan Mulai Tuai Dukungan

Peguyuban Jawa dari Aceh sampai Papua Dukung Sultan Sebagai Capres

Sultan Mulai Tuai Dukungan
Foto : Radar Jogja/JPNN
JOGJA - Mendekati Pilpres 2009, manuver politik sejumlah elemen masyarakat semakin kencang. Rabu (3/12), misalnya, kelompok yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pelangi Nusantara Bersatu memberikan dukungan untuk Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X.

Dukungan forum yang terdiri atas 86 perwakilan yang mengklaim sebagai peguyuban masyarakat Jawa dari 21 provinsi, mulai Aceh hingga Papua, itu disampaikan langsung ke Keraton Kilen, kediaman raja Keraton Jogja tersebut. Rombongan yang dipimpin Ketua Forum Komunikasi Pelangi Nusantara Bersatu Baryadi itu datang dengan berpakaian adat asal domisili mereka.

"Pelangi kan warna-warni. Jadi, kami datang pun dengan warna-warni yang menunjukkan pluralitas," ujar Baryadi yang mengenakan pakaian khas Sumatera Selatan.

Dia menjelaskan, jumlah masyarakat Jawa di perantauan mencapai 30 hingga 48 persen dari total jumlah penduduk setempat. Di Keraton Kilen itulah, forum komunikasi yang terbentuk pagi harinya di Hotel Novotel tersebut dikukuhkan HB X.

JOGJA - Mendekati Pilpres 2009, manuver politik sejumlah elemen masyarakat semakin kencang. Rabu (3/12), misalnya, kelompok yang tergabung dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News