Sulut Buka Lowongan Magang ke Jepang Sebanyak Mungkin

Sulut Buka Lowongan Magang ke Jepang Sebanyak Mungkin
Gubernur Sulut Olly Dondokambey. Foto: dok jpnn

jpnn.com, OSAKA - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan, pihaknya berkomitmen memberi kesempatan seluas-luasnya pada lulusan SMA sederajat untuk mengikuti program magang ke Jepang. Kesempatan terbuka, setelah sebelumnya Pemprov Sulut menjalin kerja sama dengan IM Japan.

IM Japan merupakan sponsor bagi peserta selama mengikuti magang. Lembaga ini dikenal dengan sebutan 'ayah angkat' bagi peserta magang selama berada di Negeri Sakura.

"Kami berencana membuka lowongan magang sebanyak mungkin, dan para calon magang akan dididik oleh pemerintah lewat Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) agar mereka benar-benar siap mengikuti perekrutan," ujar Olly dalam pesan elektronik yang diterima, Senin (27/3).

Olly diketahui berkunjung ke negeri matahari terbit tersebut, untuk berbincang langsung dengan anak-anak asal Sulut di Osaka, Jepang, pada Minggu (26/3). Dia didampingi Ketua DPRD Sulut Andrey Angouw dan anggota Rocky Wowor, Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen, Kepala Dinas Pendidikan Gemmy Kawatu dan Pembina Ganbatte Indonesia Meydi Lensun.

Kepada anak-anak Sulut yang mengikuti program magang, Olly berharap dapat mengikuti proses yang ada sebaik-baiknya. Sehingga nanti manfaat dari ilmu yang diperoleh benar-benar sangat bermanfaat.

Sementara itu salah seorang peserta magang Marvo Mailor mengaku, memperoleh banyak pengalaman selama menjadi siswa magang (kenshusei) di Jepang.

"Kami bisa mendapatkan banyak ilmu, etos kerja dan bagaimana disiplinnya orang Jepang dalam bekerja," ucap Marco.

Program magang ke Jepang merupakan kerja sama Kementerian Tenaga Kerja, IM Japan dan pemerintah daerah. program terbuka bagi putra putri lulusan SMA sederajat usia 19-26 tahun tanpa cacat fisik. Peserta terlebih dahulu mengikuti tes matematika, kesamaptaan, lari, push up, sit up, wawancara serta pemeriksaan kesehatan.

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan, pihaknya berkomitmen memberi kesempatan seluas-luasnya pada lulusan SMA sederajat untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News