Dua Eks Menteri Gelorakan Wonderful Indonesia di Jepang

Dua Eks Menteri Gelorakan Wonderful Indonesia di Jepang
Mantan Menteri Merindustrian Saleh Husin (nomor 3 dari kiri) dan eks Menteri Perdagangan Rachmat Gobel (nomor 4 dari kiri) saat ikut berpartisipasi pada acara sepeda sehat di Prefektur Wakayama, Jepang, Minggu (26/3). Saleh dan Rachmat beserta rombongan mengenakan jersey Wonderful Indonesia untuk mempromosikan pariwisata di tanah air. Foto: dokumentasi pribadi Saleh Husin

jpnn.com, WAKAYAMA - Dua mantan menteri Kabinet Kerja, Saleh Husin dan Rachmat Gobel menunjukkan kepedulian tinggi pada kampanya Wonderful Indonesia. Keduanya atas inisiatif sendiri mempromosikan Wonderful Indonesia di Jepang.

Saleh dan Rachmat menyusuri jalanan di Wakayama, Jepang, Minggu (26/3). Keduanya mengenakan kostum olahraga sepeda atau jersey berlogo Wonderful Indonesia dengan gambar Borobudur di bagian belakang dan Raja Empat di bagian depan.

"Kami sedang mempromosikan pariwisata Wonderful Indonesia di Jepang. Kami juga sedang kampanye investasi dan perdagangan di Jepang, salah satunya melalui olahraga sepeda," ujar Saleh melalui pesan WhatsApp sembari menyertakan foto-fotonya bersama Rachmat.

Agar Wonderful Indonesia kelihatan menonjol, Saleh dan Rachmat memboyong sekitar 20 orang untuk meramaikan tur sepeda hari pagi Minggu itu di Prefektur Wakayama, Jepang. Turut dalam rombongan tersebut antara lain aktor film Leroy Osmani, presenter televisi Farhan dan Direktur Eksekutif Japan External Trade Organization (Jetro) Daiki Kasugahara.

Peserta lainnya berasal dari prefektur tersebut maupun daerah sekitarnya seperti Osaka, Nara dan Tokushima. "Kami meramaikan Wakayama Tour yang diikuti ribuan peserta dan menyelesaikan tantangan rute berjarak tempuh 60 kilometer," kata Saleh.

Yang terpenting, acara di Negeri Sakura itu dimanfaatkan dengan optimal untuk berbincang dengan para pelaku bisnis Jepang sekaligus mendorong mereka terus meningkatkan investasi di Indonesia. Jika investasi jalan, secara otomatis akan ada banyak aktivitas Jepang-Indonesia yang mendorong pariwisata. Trade, tourism dan investment merupakan tiga hal yang saling terkait.

Sebelumnya, Saleh telah beberapa kali mengunjungi Jepang dan menjalin komunikasi dengan para pemimpin perusahaan serta investor di Negeri Matahari Terbit itu. Sedangkan Rachmat Gobel dikenal memiliki jejaring bisnis yang kuat, aktif mempererat kerja sama industri Indonesia-Jepang, serta telah lama menjalin bisnis dengan pengusaha Negeri Nippon itu.

"Pendekatan dengan para pelaku usaha di Jepang melalui olahraga merupakan langkah sangat tepat karena acaranya lebih santai dan bersahabat. Bahkan kita mendapat dua manfaat sekaligus yaitu promosi wisata Indonesia dan dapat menarik investasi Jepang ke Indonesia," ujar Saleh yang juga mantan menteri perindustrian.

Dua mantan menteri Kabinet Kerja, Saleh Husin dan Rachmat Gobel menunjukkan kepedulian tinggi pada kampanya Wonderful Indonesia. Keduanya atas inisiatif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News