Sumbang 3 Emas dan 1 Perak, Atlet Judo Tuna Netra Indonesia Bikin Kejutan di APG 2022

Sumbang 3 Emas dan 1 Perak, Atlet Judo Tuna Netra Indonesia Bikin Kejutan di APG 2022
Tim Judo Tuna Netra Indonesia berhasil mempersembahkan tiga medali emas dan satu perak di ajang Asean Para Games Solo 2022. Foto: Humas Kemenpora

jpnn.com, SOLO - Indonesia berhasil menambah pundi perolehan medali emas dan perak dari cabang olahraga Judo Tuna Netra di ajang ASEAN Para Games Solo 2022.

Para atlet banyak membuat kejutan pada pertandingan kali ini karena mempersembahkan tiga medali emas dan satu perak.

Tiga medali emas tersebut dipersembahkan oleh Bayu Pangestu Aji di Kelas J2-60Kg, Rafli Ahmad Shidqirafli di Kelas J1-73Kg, dan Sahrul Sulaiman di Kelas J2-73Kg. Sedangkan untuk medali perak diraih oleh Junaedi yang bermain di Kelas J1-60Kg.

"Perjuangan tentu begitu berat, melawan malas, harus total di Pelatnas, tapi semua dapat dilalui dan emas ini untuk Indonesia," kata Bayu Pangestu.

Pelatih Judi Tuna Netra, Imam Kuncoro menceritakan bahwa, anak didiknya ini membuat kejutan, karena sebetulnya tidak ditarget karena naik kelas yang lebih sulit tetapi ternyata semangatnya yang membara membuatnya berhasil melampaui target.

"Sebenarnya tidak saya target malah Bayu ini membuat kejutan. Kenapa tidak saya target kemarin, sebenarnya Bayu ini kelasnya total (blind total) tetapi saya naikkan ke yang low fision, ternyata yang prediksi dapat medali gagal dan justru Bayu saya naikkan ternyata dapat emas," kata Imam menjelaskan.

Ada yang diluar dugaan bahkan bagi Rafli yang mengkandaskan lawannya Witthaya Wongphaet dari Thailand dalam hitungan detik. Diakuinya bahwa apa yang terjadi di atas matlas adalah semua dari hasil latihan yang dilakoninya dengan serius dan tak kenal lelah.

"Saya kaget juga (dikatakan 2 detik), karena keadaan itu semua adalah reflek, tidak saya perkirakan, semua kejadian di atas matlas adalah reflek daripada latihan yang sudah kita ikuti," jelas Rafli.

Indonesia berhasil menambah pundi perolehan medali emas dan perak dari cabang olahraga Judo Tuna Netra di ajang ASEAN Para Games Solo 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News