JPNN.com

Sumbar Sepuluh Kali Diguncang Gempa Selama Sepekan Terakhir, Tidak Dirasakan Masyarakat

Jumat, 10 Juli 2020 – 18:54 WIB
Sumbar Sepuluh Kali Diguncang Gempa Selama Sepekan Terakhir, Tidak Dirasakan Masyarakat - JPNN.com
Ilustrasi. Foto: Antara/BMKG

jpnn.com, PADANG - BMKG Padang Panjang, Sumatera Barat mencatat dalam sepekan terakhir telah terjadi sepuluh kali kejadian gempa bumi yang menggoyang wilayah Sumatera Barat (Sumbar) dan sekitarnya.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Padang Panjang, Mamuri mengatakan, berdasarkan pantauan BMKG terdapat sepuluh kali kejadian gempa bumi di sejumlah wilayah Sumbar dan sekitarnya yang terhitung sejak 3 hingga 9 Juli 2020.

"Dari sepuluh kali kejadian gempa bumi tersebut tidak terdapat gempa yang dirasakan oleh masyarakat," ungkap Mamuri saat dihubungi dari Padang, Jumat.

Lebih lanjut ia mengatakan, pada kejadian gempa bumi yang tercatat oleh stasiun geofisika Padang Panjang, terdapat empat kejadian gempa bumi di darat dan enam kali kejadian gempa di laut.

"Gempa bumi yang terjadi pada sepekan terakhir itu merupakan gempa dengan magnitudo 3 < M > 5 SR sebanyak sembilan kali kejadian dan magnitudo M< 3 SR sebanyak satu kejadian," katanya.

Kemudian dari 10 kejadian gempa bumi tersebut terdapat delapan kali kejadian dengan kategori gempa bumi dangkal dan dua gempa lainnya merupakan gempa bumi menengah.

"Pada sepekan terakhir ini tidak terdapat gempa bumi yang di atas 5 Magnitudo. Namun gempa paling tinggi yaitu dengan kekuatan 4,6 magnitudo yang terjadi di Pulau Siberut, Kepulauan Mentawai, pada 5 Juli 2020," kata dia.

Selain di Sumatera Barat, gempa bumi tersebut juga terjadi di dua wilayah lainnya berupa Jambi dengan kekuatan 4,1 magnitudo pada 9 Juli 2020 dan di Bengkulu dengan kekuatan 3,9 pada 9 Juli 2020.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
rama