JPNN.com

Sumbawa Perlu Pemimpin yang Cerdas untuk Mengurangi Pengangguran

Sabtu, 24 Oktober 2020 – 05:01 WIB
Sumbawa Perlu Pemimpin yang Cerdas untuk Mengurangi Pengangguran - JPNN.com
Para penari di ajang Festival Taliwang 2019 di Sumbawa BArat, NTB, Rabu (20/11). Foto: Kemenparekraf

jpnn.com, SUMBAWA - Pengamat Sosial Muhammad Ali menilai Kabupaten Sumbawa membutuhkan pemimpin atau kepala daerah yang cerdas dan memiliki jaringan kuat guna membangun perekonomian masyarakat sehingga dapat menekan tingkat pengangguran.

"Bagaimana mewujudkan kesejahteraan rakyat secara keseluruhan, sepanjang di Sumbawa masih memiliki angka pengangguran tinggi, maka selama itu hanya mimpi ingin sejahtera,” kata Ali kepada wartawan.

Salah satu tokoh masyarakat di Sumbawa ini menambahkan, kondisi Kabupaten Sumbawa sekarang belum dapat mengakhiri persoalan pengangguran.

Tidak tersedianya lapangan pekerjaan yang cukup berimbas terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat yang masih rendah.

Mantan pejabat Bappeda Kabupaten Sumbawa itu, menyatakan masyarakat di suatu daerah tidak menginginkan apa-apa, selain menuntut kesejahteraan dan hidup layak tanpa bantuan pemerintah daerah secara kontinyu.

Dalam hal ini menurut Ali, Kepala Daerah Kabupaten Sumbawa harusnya berupaya menciptakan lapangan kerja baru dan layak, agar masyarakat terlepas dari kemiskinan.

“Kami butuh pemimpin yang cerdas, tanggap, semangat, mempunyai link ke pusat dan mempunyai terobosan, sehingga pemerintah tidak hanya puas pada anggaran APBD saja tetapi bisa mendapatkan dana dari pusat untuk mengembangkan daerah ini,” ujar Ali.

Secara politis kepala daerah yang memiliki jaringan kuat ke pusat, diungkapkan Ali, akan sangat berpengaruh juga kepada perkembangan Sumbawa ke depan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
natalia