Sumbewaras Sasar Pak SBY dan Bang Sandi

Sumbewaras Sasar Pak SBY dan Bang Sandi
Foto: Hoaks

jpnn.com, JAKARTA - Beberapa konten yang diunggah akun Instagram Sumbewaras terbukti memanipulasi screenshot judul berita di portal-portal mainstream.

Misalnya, unggahan screenshot berita dengan foto Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Di screenshot itu tertulis judul berita, ”SBY Tampak 20 Tahun Lebih Tua, Setelah Namanya Sering Disebut dalam Kasus e-KTP”. Screenshot tersebut menunjukkan logo portal berita Tribunnews.

Setelah ditelusuri, ternyata tidak ada judul berita seperti itu di situs Tribunnews. Screenshot tersebut ternyata hasil editan dari berita berjudul, ”Nama SBY Disebut dalam Sidang e-KTP, Dua Politisi Demokrat Bungkam”.

Berita itu diunggah pada Kamis, 25 Januari 2018. Hingga kemarin, posting-an hasil manipulasi yang dilakukan akun Sumbewaras terkait SBY itu sudah di-like 481 pengguna Instagram.

Tak hanya itu, akun Sumbewaras juga mem-posting screenshot editan soal Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Kali ini mereka mendapat bahannya dari situs berita Kumparan.

Pada 26 Januari 2018 Kumparan mengunggah berita berjudul, ”Sandi: Penarik Becak Akan Dilatih Cara Genjot yang Bagus”.

Oleh akun Instagram Sumbewaras diedit menjadi, ”Sandi: Penarik Becak Akan Dilatih Cara Ngenyot yang Bagus”.

Akun Instagram Sumberwaras menulis judul, SBY Tampak 20 Tahun Lebih Tua, Setelah Namanya Sering Disebut dalam Kasus e-KTP.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News