Sungai Cilamaya Menghitam dan Berbau, Muslim Hafidz: Gubernur Jabar Tidak Serius

Sungai Cilamaya Menghitam dan Berbau, Muslim Hafidz: Gubernur Jabar Tidak Serius
Sungai Cilamaya tampak airnya kini menghitam, bau dan berbusa. Foto: Dok. Fordas Cilamaya Berbunga

jpnn.com, JAKARTA - Koordinator Forum Daerah Aliran Sungai (Fordas) Cilamaya Berbunga Muslim Hafidz menuding Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah melakukan ingkar janji dan tidak serius untuk mengurus Sungai Cilamaya yang airnya kini menghitam, bau dan berbusa.

Muslim menyebut Ridwan Kamil sosok yang mengandalkan pencitraan saja di media sosial tanpa kerja nyata yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Beberapa hari ini, Sungai Cilamaya menghitam, bau dan berbusa di beberapa wilayah baik di hilir maupun di wilayah setelah perusahaan di Subang dan Purwakarta,” ujar Muslim Hafidz kepada wartawan, Selasa (15/8/2023).

Menurut Muslim, Sungai Cilamaya merupakan sungai sepanjang sekitar 97 Km yang terdapat di Provinsi Jawa Barat meliputi Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang dan Kabupaten Purwakarta. Namun, kondisinya saat ini sangat mengenaskan.

Berdasarkan pantauan Fordas Cilamaya Berbunga yang merupakan organisasi yang concern terhadap masalah lingkungan, Muslim menjelaskan dari hilir sampai tengah Bendung Barugbug, air menghitam pekat dan bau busuk.

“Terpantau Muara Cilamaya, Barahan, Cipancuh, Bendung Barugbug dan Cijunti tampak hitam, bau dan berbusa," ungkap Muslim.

Lebuh lanjut Muslim menegaskan meskipun sudah ada Peraturan Gubernur Nomor 45 Tahun 2022 tentang Satuan Tugas Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Cilamaya (SATGAS PPK DAS Cilamaya), tetapi sekadar peraturan yang tidak pernah dijalankan.

Hal itu dibuktikan dari tidak ada Satuan Tugas (Satgas) yang ditunjuk untuk bergerak membenahi Sungai Cilamaya yang cukup krusial tersebut.

Koordinator Fordas Cilamaya Berbunga Muslim Hafidz menuding Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tidak serius mengurus Sungai Cilamaya yang airnya kini menghitam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News