Sungai Taopa Meluap, Tiga Desa di Parigi Moutong Terendam Banjir

Sungai Taopa Meluap, Tiga Desa di Parigi Moutong Terendam Banjir
Banjir terjadi di sejumlah desa di Kecamatan Moutong, Kabupaten Parigi Moutong pada Senin (27/3/2023). Foto: ANTARA/HO- Warga

jpnn.com, PALU - Sebanyak tiga desa di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah terendam banjir akibat terjadinya luapan air sungai saat hujan lebat.

Tiga desa yang terdampak banjir adalah Desa Paria, Desa Tompo dan Desa Gio Barat, Kecamatan Moutong.

"Dari laporan kami terima, tiga desa diguyur sejak pukul 17.30 WITA hingga malam ini pukul 23.30, mengakibatkan air Sungai Taopa meluap," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Parigi Moutong Amirudin dihubungi dari Palu, Senin (27/3).

Ia menjelaskan hingga saat ini tim reaksi cepat (TRC) sedang menuju ke lokasi banjir untuk melakukan asesmen lapangan.

Laporan sementara, belum diketahui apakah ada kerusakan akibat bencana hidrometeorologi ini, dan juga belum diketahui berapa jumlah warga terdampak, maupun warga mengungsi.

"Kami belum belum mendapat data valid terkait peristiwa ini, karena TRC BPBD masih bergerak menuju lokasi banjir," ucapnya.

Pada Minggu (26/3) terjadi banjir di tiga desa di kabupaten itu yakni Desa Moutong Utara, Kecamatan Moutong, Desa Tomini Barat dan Desa Tomini Utara, Kecamatan Tomini.

Berdasarkan hasil asesmen tim di lapangan, dari tiga desa tersebut jumlah warga terdampak kurang lebih 1.028 jiwa atau sekitar 322 kepala keluarga (KK).

"Dari peristiwa ini tidak ada korban jiwa, dan tidak ada ditemukan kerusakan bangunan. Air sudah surut, sedangkan banjir yang baru-baru terjadi sedang dilakukan pendataan dan secepatnya kami informasikan situasi terkini," tutur Amirudin.

Sebanyak tiga desa di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah terendam banjir akibat terjadinya luapan air sungai saat hujan lebat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News