Supermarket Australia Coles Berikan Kantong Plastik Gratis Lagi

Supermarket Australia Coles Berikan Kantong Plastik Gratis Lagi
Supermarket Australia Coles Berikan Kantong Plastik Gratis Lagi

Salah satu jaringan supermarket terbesar di Australia Coles mengubah lagi aturan berkenaan dengan kantong plastik belanja bagi konsumen.

Coles sekarang mengatakan akan memberikan kantong plastik tebal gratis sampai waktu yang belum ditentukan karena tekanan dari pembeli dan mengatakan 'konsumen memerlukan waktu untuk melakukan transisi ke penggunaan kantong belanja yang bisa digunakan kembali."

Kebanyakan negara bagian di Australia telah melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai yang di Indonesia dikenal dengan nama kantong kresek.

Pada awalnya Coles mengatakan juga tidak akan menyediakan lagi kantong kresek tersebut di toko-toko mereka mulai 1 Juli 2018.

Namun sekarang, kantong plastik lebih tebal yang sebelumnya dijual dengan harga 15 sen (sekitar Rp 1500) akan diberikan gratis bagi pembeli yang memerlukan.

Keputusan ini membuat kecewa beberapa kelompok pegiat lingkungan yang sudah mengatakan kantong plastik lebih tebal yang bisa digunakan kembali tersebut lebih buruk bagi lingkungan bila dibuang sembarangan ke air ataupun tempat lain.

"Beberapa konsumen mengatakan kepada kami mereka memerlukan waktu lebih lama untuk melakukan transisi ke penggunaan kantong plastik yang bisa digunakan lagi." kata seorang juru bicara Coles.

"Kami senang melihat konsumen lebih terbiasa membawa kantong plastik dari rumah, sehingga mereka tidak lagi terlalu mengandalkan kantong yang disediakan di supermarket."

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News