Supermarket Besar di Australia Teken Pakta Pemusnahan Kemasan Plastik

Supermarket Besar di Australia Teken Pakta Pemusnahan Kemasan Plastik
Kemasan plastik dari produk sekali pakai sering dijumpai di saluran air dan berserakan di pantai. (Clifton Beard/Flickr.com/CC/BY-NC/2.0)

Perjanjian untuk mengurangi sampah plastik di Australia dan wilayah sekitarnya telah ditandatangani oleh lebih dari 60 organisasi yang di antaranya meliputi supermarket dan 'brand' multinasional.

Perjanjian bertajuk 'ANZPAC plastics pact' tersebut berupaya mengurangi secara drastis sampah plastik dari Australia, Selandia Baru dan kawasan Pasifik yang berakhir di tempat pembuangan sampah dan lautan sebelum tahun 2025.

Perjanjian ini ditandatangani oleh perusahaan merek besar seperti Coles, Woolworths, Nestle dan Coca-Cola, serta Australian Beverages Council, Australian Food and Grocery Council dan Planet Ark.

Semua perusahaan ini bertekad untuk memenuhi empat buah target pada tahun 2025, yaitu:

  • Menghilangkan kemasan yang tidak penting
  • Mengusahakan agar semua kemasan plastik dapat digunakan kembali, didaur ulang, atau dibuat kompos
  • Menambah jumlah kemasan plastik yang dikumpulkan sebanyak 25 persen
  • Menambah jumlah konten daur ulang untuk membuat kemasan hingga 25 persen

Kesepakatan itu disusun selama tiga tahun lamanya menyusul krisis industri limbah yang terjadi bertahun-tahun.

Brooke Donnelly dari Organisasi Perkumpulan Pengemas Australia (APCO) mengatakan bahwa lebih dari 800.000 ton sampah plastik berakhir di tempat pembuangan sampah atau di lingkungan di Australia setiap tahunnya.

"Yang kami coba atasi adalah masalah sistematik yang menunjukkan seberapa cacatnya industri plastik," katanya.

"Pendekatan 'mengambil, membuat dan membuang' kami menandakan banyak sampah plastik berujung di tempat pembuangan sampah."

Australia, Selandia Baru, dan kawasan Pasifik mengikuti langkah negara lain di seluruh dunia untuk berkomitmen mengurangi jumlah kemasan plastik yang berakhir di tempat pembuangan sampah dan mencemarkan lingkungan

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News