Supogomi ala AEON Mall Indonesia, Berolahraga sambil Menjaga Kebersihan Lingkungan

Supogomi ala AEON Mall Indonesia, Berolahraga sambil Menjaga Kebersihan Lingkungan
Kegiatan Supogomi bersama masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan alam. Foto: dok AEON Mall Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - PT AEON Mall Indonesia menggelar Supogomi, sebuah kegiatan membersihkan kota dengan mengumpulkan sampah untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan nyaman, di AEON Mall BSD City pada Minggu (19/11).

Kegiatan yang mengusung tema "Membersihkan Kota Sambil Berolahraga!" itu diharapkan bisa meningkatkan pemahaman masyarakat Indonesia tentang pembuangan sampah yang bertalian erat dengan masalah kesehatan dan sosial.

"Supogomi adalah olahraga baru asal Jepang yang menambahkan unsur aktivitas memungut sampah secara konvensional. Kegiatan ini dilakukan oleh berbagai perusahaan dan organisasi, dengan mengubah aktivitas konvensional yang umumnya menjadi bagian dari aktivitas pelayananan publik semata, menjadi sebuah kompetisi," jelas Senior GM New Business PT AEON Mall Indonesia Kaori Hirata.

Dia menambahkan dalam kegiatan itu para peserta memungut sampah dalam batas waktu tertentu dan memperebutkan poin berdasarkan kuantitas dan kualitas sampah.

Harapannya, para peserta tersebut bisa memahami jenis dan jumlah sampah yang dibuang di kota atau wilayah setempat, serta mendapatkan pengetahuan seputar isu lingkungan.

Kegiatan ini juga bertujuan agar kebiasaan memungut sampah yang ada di Jepang dapat dijalankan di Indonesia.

Acara ini didukung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, dan Japan International Cooperation Agency.

Selain itu, kegiatan ini juga didukung berbagai sponsor serta perusahaan rintisan atau startup asal Indonesia.

Sampah yang dikumpulkan dalam kegiatan ini akan dipisahkan berdasarkan jenisnya dan 100 persen didaur ulang untuk mengurangi beban terhadap lingkungan.

"Bersama dengan sekitar 100 peserta, kami tidak hanya memahami tentang Sustainable Development Goals (SDGs), tetapi juga berpartisipasi dan mengajak masyarakat untuk bertindak bersama-sama untuk menuju lingkungan yang bersih, sehat, dan lestari, guna generasi masa mendatang," tambah Hirata.

Sementara, President Director PT AEON Mall Indonesia Takashi Okada menyatakan, AEON Mall Indonesia akan terus berkontribusi dalam mewujudkan masyarakat berkelanjutan dengan bekerja bersama-sama para pelanggan untuk kepentingan bumi dan masa depan.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan peluang untuk menjelaskan perihal SDGs yang merupakan tujuan bersama komunitas internasional, di Vietnam, Kamboja, dan Indonesia, tiga negara ASEAN tempat AEON MALL beroperasi. Dan acara ini merupakan bagian dari kegiatan ‘Aksi Bersama untuk SDGs’ yang pertama kali kami adakan," jelas Okada.

Kegiatan Supogomi berlangsung pada 19 November 2023 pukul 6:30–11:00 WIB di AEON Mall BSD City dan area luar sekitarnya.

Peserta acara adalah para karyawan beserta keluarga dari organisasi dan perusahaan sponsor pada SDGs Event yang mengangkat tema tujuan SDGs ke-12, yaitu "Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab".

Supogomi adalah olahraga baru asal Jepang yang menambahkan unsur aktivitas memungut sampah secara konvensional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News