Suporter Belanda Ingin Louis Van Gaal Kembali

Suporter Belanda Ingin Louis Van Gaal Kembali
Salah satu gaya Louis van Gaal saat mendampingi Manchester United bertanding di Premier League. Foto: AFP

jpnn.com, AMSTERDAM - Nama Louis Van Gaal paling favorit disebut oleh kelompok suporter Timnas Belanda, mengisi kekosongan kursi pelatih usai Danny Blind dipecat.

Van Gaal memang sudah menyatakan pensiun Januari lalu. Akan tetapi, dia masih mendapatkan kepercayaan dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) menduduki jabatan Direktur Teknik Timnas. Dan kini racikannya yang paling ditunggu.

Dikutip situs Het Parool, kelompok suporter Belanda Supportersclub Oranje menginginkan agar sosok LvG – inisial nama Van Gaal – kembali dari cuti panjangnya. ''Di bawah Louis (van Gaal), skuat mampu finis di peringkat ketiga Piala Dunia. Itu yang sudah menegaskan dia salah satu opsi paling pas saat ini,'' klaim Theo Pouw, salah seorang petinggi Supportersclub Oranje.

Bahkan, lanjut Pouw, keinginan fans supaya mantan pelatih Manchester United itu comeback ke timnas Belanda sudah ditunjukkan begitu Arjen Robben dkk hendak meninggalkan Bandara Sofia. Saat itu nama Van Gaal banyak diteriakkan fans Belanda. ''Semua fans yang pernah berbicara pada saya pun sepakat dengan Van Gaal,'' lanjutnya.

Bukan hanya dari fans yang menginginkan nama LvG. Begitu juga dari pemain Belanda sendiri. Gelandang Georginio Wijnaldum. Gini, sapaan akrabnya, pernah merasakan sentuhan Van Gaal di Piala Dunia 2014 silam. ''Dengan rata-rata pemain di sini (timnas Belanda) pernah bersamanya, maka pemain sudah mengenalnya. Saya tidak tahu (Van Gaal yang dipilih atau tidak). Kami mesti menanti dan masih berharap apakah dia akan kembali lagi,'' ucapnya kepada Telesport.

Seperti diberitakan sebelumnya, KNVB memang kurang opsi. Sebab, pelatih yang untuk saat ini punya kualitas bagus kebanyakan sedang terikat kontrak dengan klub lain. Salah satunya adalah Ronald Koeman yang masih menangani Everton. Liverpool Echo melaporkan, Koeman lebih memilih bertahan di Goodison Park – kandang Everton – ketimbang pulang kampung ke Belanda jadi pelatih timnas.

Bukan hanya Koeman. Ada beberapa nama lain yang sempat masuk dalam daftar KNVB. Yaitu, Dick Advocaat, Phillip Cocu, Ruud Gullit, dan Frank de Boer. Nah, dua nama yang disebut terakhir itu yang masih mempunyai peluang karena tidak sedang terikat kontrak dengan klub atau timnas mana pun saat ini.

Hanya, belum diketahui apakah keduanya bersedia atau tidak menerima pinangan negaranya itu. Kepada De Telegraaf Direktur Komersial KNVB Jean-Paul Decossaux menyebut kosongnya jabatan di balik taktikal timnas Belanda ini akan berlangsung tidak sebentar. ''Tidak akan rampung dalam sepekan ini. Sebelum Juni jadi periode paling memungkinkan untuk itu,'' tuturnya. (ren/jpnn)


Nama Louis Van Gaal paling favorit disebut oleh kelompok suporter Timnas Belanda, mengisi kekosongan kursi pelatih usai Danny Blind dipecat.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News