Suporter Persija Tewas, DPR Diskusi dengan Kemenpora

Suporter Persija Tewas, DPR Diskusi dengan Kemenpora
Haringga Sirila. Foto: dok Keluarga

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian mengutuk keras dugaan penganiayaan yang menyebabkan meninggalnya salah satu suporter Persija Jakarta Haringga Sirla.

Harlingga diduga dikeroyok saat menyaksikan pertandingan antara Persija Jakarta versus Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Minggu (23/9).

Hetifah mengatakan, tujuan olahraga adalah untuk meningkatkan kebahagiaan, bukan untuk terus menerus mempertahankan permusuhan.

"Jadi memang ini kondisi yang berbalik, berbeda dari tujuan utamanya. Pastinya tentu tidak mungkin kami biarkan," kata Hetifah dalam diskusi "Duka Sepakbola, Salah Siapa?" di gedung DPR, Jakarta, Kamis (27/9).

Hetifah mengatakan, memang ada kecenderungan sekarang seolah-olah menyalahkan suporter. Padahal, lanjut dia, banyak sekali pihak atau stakeholder yang sedikit banyak juga punya tanggung jawab.

"Tentu saja pemerintah Kementerian Pemuda dan Olahraga ada di sini yang langsung terlibat, panitia pelaksana, kepolisian dan pemerintah daerah," jelas dia.

Lebih lanjut Hetifah mengatakan, dibekukannya Liga 1 Indonesia, bukan saja hanya merugikan sponsor tapi masyarakat luas. Karena itu, Hetifah menekankan seharusnya diuji atau dikaji dengan lebih sungguh-sungguh karena masyarakat juga punya hak yang untuk mendapatkan kebahagiaan dan hiburan. "Harusnya hak itu dilindungi oleh pemerintah," tegas Hetifah.

Meski begitu, pihaknya mengapresiasi penghentian atau langkah yang sudah diambil pemerintah sementara ini.

memang ada kecenderungan sekarang seolah-olah menyalahkan suporter. Padahal, lanjut dia, banyak pihak atau stakeholder yang sedikit banyak punya tanggung jawab.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News