Surabaya Kembangkan e-Sapawarga

Surabaya Kembangkan e-Sapawarga
Surabaya Kembangkan e-Sapawarga
JAKARTA - Walikota Surabaya Tri Rismaharini membocorkan rahasia suksesnya menepatkan e-government. Saat bertemu dengan Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasojo di Kantor Kemenpan&RB, Risma mengatakan, e-government Pemkot Surabaya dikelompokan menjadi dua. Yaitu dalam hal pengelolaan keuangan daerah, dan e-govt untuk pelayanan masyarakat. Untuk pengelola keuangan daerah meliputi e-budgeting, e-project, e-procurement, e-delivery, e-controlling, dan e-performance.

Sedangkan yang berhubungan dengan masyarakat, disebut e-sapawarga. Meliputi e-perizinan, e-musrenbang, dan pengaduan secara elektronik. “Dengan penerapan e-govt kami bisa menghemat hingga 30 persen,” ujarnya Risma, Rabu (11/1).

Dijelaskannya, dalam e-sapawarga, Pemkot Surabaya memberikan fasilitas internet gratis keseluruh RT/RW, sehingga seluruh program bisa diakses masyarakat. Perizinan untuk SIUP dan IUJK diberikan secara gratis.

Caranya? "Penduduk Surabaya cukup mengentri datanya, kemudian deverifikasi, apakah dia benar warga Surabaya atau bukan. Kalau benar penduduk Surabaya, izinnya dikeluarkan, dan setelah selesai diantarkan ke rumah oleh aparat kelurahan," tuturnya.

JAKARTA - Walikota Surabaya Tri Rismaharini membocorkan rahasia suksesnya menepatkan e-government. Saat bertemu dengan Wakil Menteri Pendayagunaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News