Kamis, 16 Agustus 2018 – 13:28 WIB

Surga Pencinta Kopi Bakal Ada di Jakarta

Sabtu, 03 Februari 2018 – 20:25 WIB
Surga Pencinta Kopi Bakal Ada di Jakarta - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Pecinta kopi Ibu Kota dimanjakan suguhan keanekaragaman kopi nusantara dalam festival ‘Kopiunited: The Indonesia Coffee Expo 2018’ di Blok M Square Jakarta Selatan.

Kegiatan yang diselenggarakan Koperasi Komunitas Kopi Indonesia (KOKOPI) itu digelar selama tiga hari, 2-4 Februari lalu.

Rencananya, Blok M Square akan dijadikan sebagai venue offline yang merintis menjadi Mal Kopi Indonesia, dan Tokopedia sebagai venue online para petani dan pengusaha kopi Indonesia.

Menurut  Ketua penyelenggara, Adji Gutomo, kegiatan itu digelar karena melihat potensi bisnis kopi Indonesia yang sangat besar dan bila didetailkan ada 15 nomenklatur bisnis.

“Mulai dari penanaman, pengelolaan paska panen, penjualan kopi, pengelolaan kedai kopi, desain dan perlengkapan kedai kopi, merchandise, oleh-oleh khas daerah, lukisan, pengharum ruangan, hingga bahan campuran pembuatan pakaian,” katanya dalam siaran tertulisnya.

Adji menambahkan, kopi Indonesia merupakan salah satu komoditas potensial yang sudah mendunia sejak lama, meski secara prestasi dunia sebenarnya Indonesia masih menduduki nomor 4 setelah Brazil, Columbia, dan Vietnam.

“Terakhir Kopi Indonesia menjadi nomor 1 dunia adalah pada tahun 1732 (hampir 300 tahun yang lalu),” jelasnya.

Sementara Ronald Fredriek Rivelino Suprapto Ketua Umum KOKOPI dan Argo Ponco Baskoro dari Join Kopi Bulungan, mengungkapkan bahwa komunitas kopi Indonesia anggotanya datang dari latar belakang yang berbeda. Dan dari situlah terbentuk menggagas acara tersebut.

SHARES
TAGS   kopi pecinta kopi
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar