Survei Charta Politika: Ganjar Berhasil Ungguli Anies di Sumut dan Kaltim

Survei Charta Politika: Ganjar Berhasil Ungguli Anies di Sumut dan Kaltim
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. Foto dok Pemprov Jateng

jpnn.com, JAKARTA - Charta Politika Indonesia merilis hasil survei terbaru elektabilitas capres 2024 untuk di wilayah Kalimantan Timur dan Sumatera Utara.

Di dua daerah tersebut, Ganjar Pranowo berada di posisi puncak dan mengungguli para pesaingnya, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Di Sumatera Utara, Ganjar berada di urutan pertama dengan mengantongi 26,8 persen dukungan responden. Di posisi kedua ada mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencapai 24,3 persen. Sementara itu, Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto, 22,9 persen.

"Pada simulasi sepuluh nama, Ganjar Pranowo mendapatkan elektabilitas tertinggi, unggul tipis di atas Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. Kemudian, nama-nama lainnya berada di bawah 6 persen," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya dalam siaran persnya, Jumat (21/10).

Elektabilitas Ganjar kembali unggul di Kalimantan Timur dibandingkan Anies Baswedan dan Prabowo Subianto yang berada di urutan kedua dan ketiga.

Ganjar memperoleh elektabilitas tertinggi dengan raihan 26,6 persen pada simulasi sepuluh nama capres. Elektabilitas Anies Baswedan berada di posisi kedua sebanyak 25,3 persen dan Prabowo Subianto 23,8 persen. Sedangkan, nama-nama lainnya hanya memperoleh angka di bawah 4 persen.

“Kami lihat di Kalimantan Timur, Ganjar kembali mendapatkan elektabilitas tertinggi. Unggul tipis di atas Anies Baswedan dan Prabowo Subianto," ujar Yunarto.

Survei di Sumatera Utara dilakukan pada tanggal 20 - 27 September 2022 dengan jumlah sampel sebanyak 800 responden dengan margin of error 3,46 persen.

Ganjar Pranowo basil unggul dalam survei terbaru Charta Politika di wilayah Kaltim dan Sumut. Gubernur Jateng itu unggul dari pesaingnyam Anies dan Prabowo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News