Survei Charta Politika: Ganjar Pranowo Teratas di Lampung dan Jawa Timur

Survei Charta Politika: Ganjar Pranowo Teratas di Lampung dan Jawa Timur
Hasil survei Charta Politika menyebutkan bahwa Ganjar Pranowo Teratas di Lampung dan Jawa Timur.. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga survei Charta Politika menyatakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungguli Prabowo Subianto hingga Anies Baswedan di Lampung dan Jawa Timur.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya menyebut para responden diberi pertanyaan ‘jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan dipilih sebagai presiden di antara nama-nama berikut ini?’.

Dari pertanyaan itu, Ganjar pun melesat jauh di atas Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

"Pada simulasi sepuluh nama calon presiden, Ganjar Pranowo dapat suara 24,9 persen dan tertinggi di Jawa Timur. Lalu di urutan kedua ada Prabowo Subianto 16,4 persen, sebanyak 15,1 persen masyarakat memilih Anies Baswedan," kata Yunarto.

Hal serupa juga terjadi di Lampung, nama Ganjar memimpin sebagai calon presiden pilihan masyarakat.

Elektabilitas Ganjar mencapai 27,1 persen, sementara Prabowo Subianto 26,8 persen di urutan kedua dan Anies Baswedan 19,1 persen pada urutan ketiga.

"Namun di Jawa Barat, Ganjar Pranowo memperoleh 12 persen. Artinya mampu menyaingi tiga kandidat lain seperti Prabowo Subianto 24,0 persen, Ridwan Kamil 20,9 persen, lalu Anies Baswedan 18 persen," kata dia.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling pada tingkat kepercayaan 95 persen secara tatap muka melalui kuisioner terstruktur yang digelar di tiga provinsi, Jawa Timur, Lampung, dan Jawa Barat.

Survei Charta Politika menyebutkan bahwa Ganjar Pranowo teratas di Lampung dan Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News