Survei CNN: Airlangga jadi Sosok Capres Terkuat Untuk 2024

Survei CNN: Airlangga jadi Sosok Capres Terkuat Untuk 2024
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama para kader Golkar. Foto: Humas Golkar

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Citra Network Nasional (CNN) Muhammad Dandy mengatakan pihaknya melakukan survei untuk mengetahui preferensi publik terhadap capres 2024.

Dari survei diketahui publik menginginkan sosok pemimpin pengganti Presiden Joko Widodo yang memiliki kriteria dan kemampuan dalam mengelola perekonomian nasional.

Tujuannya agar bisa meningkatkan kedaulatan ekonomi rakyat dan mampu membayar utang Indonesia yang menumpuk.

“Sebanyak 90,2 persen menginginkan sosok yang memiliki kriteria dan kemampuan untuk bisa menyatukan masyarakat yang terpolarisasi akibat dampak politik 2019,” kata dia dalam siaran persnya, Kamis (27/4).

Menurut Dandy, dari pertanyaan terbuka, hanya empat tokoh yang mendominasi dan menjadi keinginan publik untuk maju sebagai capres, yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Airlangga Hartarto

"Dalam pertanyaan tertutup, jika pemilihan presiden digelar hari ini maka hasilnya nama Airlangga Hartarto paling banyak dipilih dengan 28,2 persen. Lalu disusul Ganjar Pranowo 24,7 persen,” kata dia.

Lalu Prabowo Subianto 17,2 persen dan Anies Baswedan 14,1 persen. Kemudian yang memilih tokoh lain sebanyak 15,8 persen.

Dari hasil survei juga menunjukan jika pemilu digelar hari ini maka Partai Golkar dipilih sebanyak 19,8 persen, Gerindra 16,2 persen, PDIP 15,3 persen, Demokrat 7,4 persen, PKS 7,1 persen, NasDem 6,3 persen, PKB 5,3 persen, PPP 4,1 persen, PAN 2,9 persen, dan gabungan parpol lain 4,7 persen, serta tidak memilih 10,9 persen.

Hasil survei terbaru dari lembaga CNN menunjukkan elektabilitas Airlanggar Hartarto berada di posisi teratas sebagai capres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News