Survei CNN: Duet Prabowo-Gibran Raih 54,1 Persen, Unggul Jauh dari Paslon Lain

Survei CNN: Duet Prabowo-Gibran Raih 54,1 Persen, Unggul Jauh dari Paslon Lain
Paslon Capres dan Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Citra Network Nasional (CNN) menggelar survei terbaru dengan tajuk “Mengukur Preferensi Publik terhadap Capres-Cawapres jelang Pemilu 2024”.

Direktur Eksekutif CNN, Robby Rosyadi mengatakan dalam survei itu diketahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Jokowi, terutama dalam bidang perekonomian nasional cukup tinggi. Sebanyak 68,6 persen merasa puas dan sebanyak 31,4 persen tidak puas dan tidak memberikan jawaban.

Sementara preferensi publik terhadap kriteria dan kemampuan dari sosok presiden yang mengantikan Jokowi, hasilnya 84,8 persen menginginkan sosok presiden yang mampu mengelola perekonomian nasional, agar bisa meningkatkan kedaulatan ekonomi rakyat dan mampu membayar utang Indonesia yang menumpuk serta mampu melanjutkan program prorakyat.

Selain itu, CNN juga melakukan survei terbuka dan terutup untuk mengetahui elektabilitas para capres-cawapres.

Dalam pertanyaan terbuka kepada 2.100 responden terkait pilihan pada ketiga pasang calon presiden-wakil presiden, nama Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka paling banyak dipilih jika pilpres digelar hari ini.

"Dari 2.100 responden yang sudah memiliki hak pilih sebanyak 34,4 persen memilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Kemudian sebanyak 27,8 persen memilih Ganjar Pranowo- Mahfud MD dan sebanyak 11,6 persen memilih Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Dan yang tidak menjawab sebanyak 26,2 persen," kata dia.

Lalu dalam pertanyaan tertutup menggunakan kuisioner, ketika diminta untuk memilih jika pemilihan presiden digelar hari ini, maka hasilnya pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dipilih secara tertutup sebanyak 54,1 persen. Lalu pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 30,3 persen dan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 11,4 persen dan tidak memilih sebanyak 4,2 persen

Survei CNN menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 2.100 tersebar di 34 provinsi.

Survei terbaru dari CNN memperlihatkan elektabilitas Prabowo-Gibran sudah menyentuh 54,1 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News