Survei INES: Prabowo-Gibran Masih Unggul dari Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin

Survei INES: Prabowo-Gibran Masih Unggul dari Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin
Tiga capres (dari kiri) Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia Network Election Survey (INES) kembali melakukan survei untuk mengetahui elektabilitas pasangan capres dan cawapres menjelang pencoblosan pada 14 Februari 2024.

Dari survei yang dilakukan pada 23 Januari-4 Februari 2024 tidak ada pergeseran tingkat elektabilitas yang signifikan. Duet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming tetap bertengger di urutan nomor satu dengan tingkat elektabilitas mencapai 58,1 persen.

Kemudian disusul oleh Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan tingkat elektabilitas sebesar 21,2 persen, kemudian Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 15,8 persen.

"Hasil survei INES menunjukkan dari ketiga capres saat ini masih terlihat elektabilitas Prabowo -Gibran masih di urutan nomor satu," kata Direktur Eksekutif INES, Andri Gunawan dalam keterangan tertulis, Kamis (8/2).

Andri menyebut suvei tersebut tidak berbeda dengan exit poll pascadebat capres yang terakhir yang digelar INES di 15 kota besar di Indonesia. Hasilnya, masyarakat setelah menonton debat sebanyak 60,1 persen memilih Prabowo Subianto dan yang memilih Ganjar 23,4 persen serta Anies Baswedan 13,7 persen.

Andri menyebutkan, biasanya Exit poll merupaka survei yang digelar di hari setelah masyarakat keluar dari bilik suara namun INES mengunakan Exit Poll dengan subjek debat presiden dan dilakukan segera setelah masyarakat menonton debat capres tersebut dan Metode yang digunakan adalah dengan bertanya langsung pada pemilih yang sudah selesai menonton debat capres.

Sementara pengamat yang juga guru besar ilmu politik Universitas Airlangga (UNAIR) Prof Kacung Marijan mengatakan selain hasil survei INES banyak juga hasil lembaga lainnya yang menetapkan pasangan calon nomor urut 2, yakni Prabowo-Gibran di posisi teratas.

"Tren banyak lembaga survei memang tetap menempatkan paslon Prabowo-Gibran di posisi teratas. Hanya, pertanyaannya, apakah Prabowo-Gibran akan menang satu putaran? Tetapi kalau Prabowo-Gibran terus naik, sementara Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin stagnan atau menurun, kemungkinan itu bisa terjadi satu putaran," kata Kacung.

Hasil survei terbaru dari INES menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran masih jadi yang teratas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News