Survei di Facebook, Ini Dia Calon Menang Satu Putaran

Survei di Facebook, Ini Dia Calon Menang Satu Putaran
Tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta mengikuti debat di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (13/1). Foto: HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS

jpnn.com - jpnn.com - Institute for Tansformation Studies (INTRANS) menggelar polling dengan menggunakan Facebook Survey.

Polling ini digelar 15 menit sebelum dan 1 jam sesudah sesi debat yang ditayangkan televisi.

Selama tiga jam dibuka, polling tersebut diikuti oleh 7.338 responden. Hasilnya menempatkan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat sebagai pasangan yang dianggap paling meyakinkan dalam debat perdana ini dengan perolehan 75,8 persen.

Di posisi kedua Anies Baswrdan-Sandiaga Uno dengan perolehan 17 persen. Diikuti dan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni diposisi ketiga dengan 7,2 persen.

Direktur INTRANS, Andi Saiful Haq mengatakan, pihaknya menggunakan media Facebook Survey karena sampai saat ini masih lebih presisi dibanding platform media sosial lain.

Dibanding Twitter sangat rawan diserbu akun-akun fake atau robot.

"Ini karena Facebook menyediakan fasilitas survey, kemudian bisa dilokalisir hanya akun-akun di Jakarta yang akan disasar oleh Facebook, kemudian verifikasi dengan data yang masuk memungkinkan peneliti untuk mengecek apakah data responden valid atau tidak," kata Andi Saiful Haq, Minggu (15/1).

INTRANS juga menggunakan Facebook Lead Form untuk melakukan survey yang lebih mendalam. Hasil Lead Facebook menunjukkan Ahok-Djarot dipilih oleh 86,8 persen responden. Menyusul Anies-Sandi 9,48 persen dan Agus-Silvy 3,65 persen.

Institute for Tansformation Studies (INTRANS) menggelar polling dengan menggunakan Facebook Survey.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News