Survei DSI: Pedagang Pasar dan Mal Ingin Airlangga Menjadi Presiden 2024

Survei DSI: Pedagang Pasar dan Mal Ingin Airlangga Menjadi Presiden 2024
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Dok. Partai Golkar

jpnn.com, JAKARTA - Dinamika Survei Indonesia (DSI) melakukan jejak pendapat terhadap pelaku usaha di pasar tradisional dan modern atau mal terkait preferensi terhadap dinamika politik dan ekonomi.

Direktur Eksekutif DSI Permadi Yuswiryanto mengatakan dalam penelitian ini terdapat tiga stakeholder yang terlibat, yakni primer (para pedagang pasar tradisional dan mal). Kemudian sekunder (para konsumen pasar tradisional).

Permadi menyebut survei dilakukan pada 25 Februari - 8 Maret 2023. Total responden sebanyak 2.280 orang yang sudah berumur 17 tahun ke atas dan tersebar di 32 provinsi di Indonesia.

"Pengambilan sampel mengunakan metode multistage random sampling dan hasil survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen serta margin of error 2,07 persen," kata Permadi dalam siaran persnya, Senin (13/3).

Menurut Permadi, para stakeholder pasar dan mal mengaku sangat terdampak dengan pandemi Covid-19 selama dua tahun.

"Ketika ditanya tentang kebijakan pemerintah dalam menangani pemulihan aktivitas jual beli di pasar dan mal maka, sebanyak 89,9 persen merasa puas," ujar dia.

Kemudian, DSI menanyakan tokoh-tokoh yang dianggap berperan penting dan punya pengaruh dalam kebijakan ekonomi.

Hasilnya, Airlangga Hartarto menjadi tokoh yang paling dikenal oleh 57,7 persen. Mereka sangat tahu dan menunggu kebijakan yang akan dikeluarkan oleh Airlangga sebagai Menko Perekonomian.

Para pedagang pasar dan mal menginginkan sosok Airlangga Hartarto untuk menjadi Presiden Indonesia pada 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News