Survei EPI Center: Gerindra Teratas, PSI Jadi Pendatang Baru di Senayan

Survei EPI Center: Gerindra Teratas, PSI Jadi Pendatang Baru di Senayan
Temuan survei Economics & Political Insight (EPI) Center menunjukkan elektabilitas Gerindra bertengger di puncak dengan raihan 18,9 persen. Foto: dok EPI

jpnn.com, JAKARTA - Gerindra berpeluang besar menjadi partai pemenang Pemilu 2024, menggeser PDIP yang sebelumnya menang dua kali berturut-turut.

Temuan survei Economics & Political Insight (EPI) Center menunjukkan elektabilitas Gerindra bertengger di puncak dengan raihan 18,9 persen.

Tergeser ke peringkat kedua, elektabilitas PDIP hanya mencapai 16,4 persen, melorot jika dibandingkan dengan perolehan suara pada Pemilu 2014 dan 2019.

PDIP diperkirakan bakal gagal mengulang kemenangan yang ketiga kalinya, atau mencetak hattrick.

Peta kontestasi partai politik juga berlangsung dinamis. Senayan kedatangan pendatang baru yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI), yang elektabilitasnya menembus 4,2 persen atau telah melewati ambang batas parlemen (parliamentary threshold) sebesar 4 persen.

“Gerindra diproyeksikan bakal memenangkan Pemilu 2024 sekaligus mengalahkan dominasi PDIP, serta munculnya pendatang baru di Senayan di mana elektabilitas PSI menembus 4,2 persen,” ungkap peneliti EPI Center Mursalin di Jakarta, Sabtu (20/1).

Menurut Mursalin, potensi kemenangan Gerindra berkaitan erat dengan peta kontestasi Pilpres 2024.

“Dukungan yang diberikan Presiden Jokowi kepada Prabowo-Gibran mengungkit elektabilitas Gerindra sebagai partai pengusung utamanya,” tandas Mursalin.

Temuan survei Economics & Political Insight (EPI) Center menunjukkan elektabilitas Gerindra bertengger di puncak dengan raihan 18,9 persen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News