Survei Epson Menunjukkan Generasi COP Lebih Tenang Hadapi Perubahan Iklim

Survei Epson Menunjukkan Generasi COP Lebih Tenang Hadapi Perubahan Iklim
Seiko Epson Corporation menurunkan laporan tahunan ketiga Climate Reality Barometer dengan melakukan survei lebih 30 ribu orang, simak hasilnya. Foto: Dokumentasi Epson

jpnn.com, JAKARTA - Hampir separuh dari peserta muda dalam sebuah survei global besar di 39 negara percaya mereka secara pribadi akan terhindar dari bencana iklim selama hidup mereka, meskipun suhu global mencapai rekor tertinggi, serta bencana banjir dan kebakaran hutan yang dahsyat tahun ini.

Laporan tahunan ketiga Climate Reality Barometer dari Seiko Epson Corporation yang mensurvei lebih 30 ribu orang menemukan bahwa hampir 49 persen responden berusia 16 hingga 29 tahun 'sangat optimis' atau 'agak optimis' bahwa mereka tidak akan terkena dampak dari peristiwa, seperti banjir, kekeringan, atau tanah longsor.

Namun, jumlah tersebut menurun menjadi hanya 32 persen untuk peserta berusia 55 tahun ke atas.

Kenaikan biaya merupakan kekhawatiran yang lebih besar daripada pemanasan global bagi mereka yang berusia 29 tahun ke bawah, meskipun perubahan iklim merupakan isu utama bagi mereka yang berusia 30 tahun ke atas.

Laporan ini sendiri bertujuan memberikan wawasan yang lebih luas mengenai pandangan generasi muda yang lahir sejak 1995, saat PBB mengadakan konferensi iklim pertamanya, pertemuan tahunan yang dikenal sebagai COP.

Survei juga menemukan 'generasi COP' ini tidak merasakan krisis yang sama, seperti kelompok yang lebih tua.

"Keakraban yang meluas dengan perubahan iklim dan kepercayaan terhadap solusi berbasis teknologi mungkin berkontribusi pada rasa urgensi yang lebih rendah," kata Chief Executive Officer Seiko Epson Yasunori Ogawa dalam sebuah wawancara.

Menurut Yasunori Ogawa, generasi muda telah hidup di bawah pemanasan global sejak lahir sehingga mereka mungkin tidak merasa begitu terancam oleh perubahan iklim tersebut.

Seiko Epson Corporation menurunkan laporan tahunan ketiga Climate Reality Barometer dengan melakukan survei lebih 30 ribu orang, simak hasilnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News