Survei Erick Thohir Teratas di Jatim, Pengamat: Ada Hubungan Emosional dengan NU

Survei Erick Thohir Teratas di Jatim, Pengamat: Ada Hubungan Emosional dengan NU
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Nama Erick Thohir punya keterpilihan paling tinggi di masyarakat Jawa Timur (Jatim) sebagai cawapres untuk Pilpres 2024.

Pengamat politik dari Suropati Syndicat Muhammad Shujahri menilai hal itu sangat wajar.

"Tahun 2022, sudah ada survei CSIS yang menempatkan Erick Thohir ada di posisi tiga besar untuk survei capres di kalangan warga NU. Jadi, jika saat ini, nama Erick Thohir teratas di bakal cawapres, maka hal ini bukanlah sebuah yang tiba-tiba muncul belakangan," kata Shujahri saat dihubungi di Jakarta, Minggu malam (1/10).

Dalam hasil survei Indikator Politik Indonesia (IPI) periode 14-20 September 2023 bertajuk "Signifikansi NU dan Peta Elektoral Jelang Pemilu 2024 di Jawa Timur" pada Minggu (1/10/2023), Erick Thohir menempati posisi teratas dengan 17,2 persen atau menjadi figur yang dinilai paling pantas menjadi cawapres.

Menteri BUMN itu unggul di dalam simulasi 19 nama semiterbuka.

Shujahri menambahkan bahwa Erick Thohir merupakan figur anggota kehormatan Banser.

"Bahkan, saya pernah dengar dan dituturkan langsung oleh ketum PBNU bahwa kampung halaman Erick Thohir juga merupakan salah satu daerah basis NU di luar jawa. Jadi, wajar karena NU sudah melekat pada diri Pak Erick sejak kecil," ungkap Shujahri.

Survei IPI juga menjelaskan sebanyak 16,8 persen warga muslim di Jatim memilih Erick sebagai cawapres, disusul Khofifah dengan 15,6 persen, dan Mahfud MD dengan 11,4 persen.

Nama Erick Thohir punya keterpilihan paling tinggi di masyarakat Jawa Timur (Jatim) sebagai cawapres untuk Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News