Survei ICRC: Elektabilitas Ganjar-Mahfud Menempel Prabowo-Gibran

Survei ICRC: Elektabilitas Ganjar-Mahfud Menempel Prabowo-Gibran
Duet Ganjar Pranowo-Mahfud MD bersama Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berpeluang masuk ke putaran kedua Pilpres 2024. Foto: Ilustrasi/Ricardo.

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Ide Cipta Research and Consulting (ICRC) merilis hasil survei untuk periode Desember 2023.

Hasilnya, paslon nomor urut 3 pada Pemilu 2024, Ganjar Pranowo-Mahfud MD menempel paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Paslon Ganjar-Mahfud berada di urutan kedua dengan capaian 29,1 persen, menempel Prabowo-Gibran di urutan pertama dengan hasil 39,4 persen.

Sementara paslon nomor urut 3 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di urutan 3 dengan 25,6 persen.

Kemudian yang belum memutuskan sebesar 4,4 persen, rahasia 1,0 persen dan tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 0,5 persen dengan total 5,9 persen.

Hadi Suprapto Rusli, selaku Direktur Eksekutif ICRC mengatakan paslon Ganjar-Mahfud harus memperbesar perolehan suara di Provinsi Jawa Barat.

Menurut Hadi, Ganjar-Mahfud juga harus mampu mempertahankan raihan suara di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang berada di angka 55,9 persen.

"Jika nanti Ganjar mampu melaksanakan segala potensinya di Jawa Barat saya kira akan memberikan dampak untuk masuk ke putaran kedua," kata Hadi, Senin (1/1).

Hadi menambahkan Pilpres 2024 juga berpotensi dilakukan dalam dua putaran. Hal itu, kata Hadi, berdasarkan data terbaru survei ICRC periode Desember 2023.

Hasil survei terbaru dari ICRC memperlihatkan elektabilitas Ganjar-Mahfud terus menempel Prabowo-Gibran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News